Dituduh di Facebook Pakai Kaus PKI, Wabup Ciamis Lapor ke Polisi - Kompas.com

Dituduh di Facebook Pakai Kaus PKI, Wabup Ciamis Lapor ke Polisi

Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana
Kompas.com - 15/04/2017, 08:17 WIB
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/3/2017).

BANDUNG, KOMPAS.com - Wakil Bupati Ciamis Oih Burhanudin bin Hamid Nuryadi melaporkan pemilik akun Facebook dengan nama Sofia Zalldy ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik.

Pelaporan dilakukan Oih setelah dituduh menggunakan kaus berlambang Partai Komunis Indonesia ( PKI).

"Pelaku masih dalam proses penyelidikan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus melalui ponselnya, Sabtu (15/4/2017).

Yusri menjelaskan kronologi pelaporan tersebut. Pada Kamis (13/4/2017), sekitar pukul 16.00 WIB, Oih yang pada saat itu tengah berada di rumah dinasnya, menerima laporan dari salah satu bawahannya.

Laporan tersebut berupa foto diri Oih tengah menggunakan kaos bergambar lambang PKI. 

"Saksi memperlihatkan postingan foto di medsos kepada Pelapor (Wakil Bupati Ciamis) di handphone miliknya. Foto tersebut di-post oleh pemilik akun  Sofia Zalldy," ujar Yusri. 

Dalam foto yang di-post tersebut, pemilik akun Sofia Zalldy menulis, "Wakil Bupati Ciamis blusukan di Jakarta Selatan untuk menangkan Ahok, Wakil Bupati Ciamis pake baju PKI." 

"Pelapor merasa kaget dikarenakan dalam foto tersebut ada seorang laki-laki yang menggunakan pakaian bergambar palu arit, serta di foto yang di-post tersebut terdapat keterangan bahwa yang menggunakan pakaian bergambar palu arit adalah Wakil Bupati Ciamis. Padahal di foto tersebut bukan dia," kata Yusri.

"Akibat kejadian tersebut, Pelapor selaku Wakil Bupati Ciamis merasa nama baiknya dilecehkan dan dicemarkan," ucapnya. 

Selain merasa dicemarkan namanya, Oih juga merasa terganggu dengan komentar-komentar pada foto yang di-post Sofia Zalldy.

"Foto yang di-post oleh  pemilik akun Sofia Zalldy tersebut bisa dilihat oleh masyarakat umum serta mendapat komentar yang beragam serta menyudutkan Pelapor. Sehingga Pelapor melaporkan kejadian tersebut ke Polres Ciamis," ucap Yusri.

Foto tersebut menjadi barang bukti dan digunakan sebagai petunjuk oleh kepolisian dalam melakukan penyelidikan.

Polres Ciamis pun melakukan koordinasi dengan instansi terkait, mengumpulkan bukti dan petunjuk, mengundang ahli ITE dan bekerja sama dengan tim Cyber Crime Polda Jabar.

Kompas TV Buku Bergambar "Palu Arit" Beredar Di Sekolah

PenulisKontributor Bandung, Putra Prima Perdana
EditorBayu Galih
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM