Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan di Gunungkidul Tewaskan 4 Orang, Minibus Kelebihan Penumpang

Kompas.com - 03/04/2017, 05:35 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

GUNUNGKIDUL,KOMPAS.com - Minibus yang kecelakaan di jalan Pok Cucak, Ponjong, Gunungkidul pada Minggu (02/04/2017) diduga disebabkan karena kelebihan muatan. Selain itu, kondisi berkabut dan dimungkinkan sopir kurang mengenal Medan jalan yang berkelok.

Kasat lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono mengatakan, minibus tersebut mengangkut rombongan warga RW 01, Kaliwungu, Kudus, Jawa Tengah, yang hendak berwisata.

"Rombongan berangkat pukul 23.30 WIB. sempat berbalik arah karena sopir tidak mengetahui jalan," ujar Kasat lantas Polres Gunungkidul, AKP Samiyono, Minggu (02/04/2017)

Sesampainya di jalan Pok Cucak, Ponjong, Gunungkidul kendaraan yang diketahui dikemudikan Kiswoyo (38) itu mengalami kecelakaan dan terguling sehingga menyebabkan 4 orang tewas.

"Pagi tadi kabut. Sopir kemungkinan kurang mengenal medan dan mobil oleng," ucapnya.

Baca juga: Mobil Terguling Setelah Tabrak Tiang Listrik dan Konter HP di Bogor

Dia mengatakan, minibus Wahyu Jaya Trans dengan nomer polisi D 7124 AN ditumpangi sebanyak 21 orang. Sementara dari buku KIR maksimal 12 orang. " Kelebihan penumpang, di buku KIR maksimal 12 orang, isinya 21 penumpang," ujar dia.

Menurut dia, kondisi kelebihan penumpang didalam mobil, menyebabkan kestabilan kendaraan berkurang dan sulit untuk dikendalikan. Terlebih kontur jalan naik turun dan terdapat tikungan tajam.

"Kelebihan muatan bisa menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan, termasuk kestabilannya," urainya.

Ia menyebutkan, sampai saat ini pihaknya belum dapat meminta keterangan sopir minibus. Sebab sopir masih dirawat intensif di RSUD Wonosari.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rombongan wisatawan asal Kudus , Jawa Tengah mengalami kecelakaan di jalan Pok Cucak, Kecamatan Ponojong, Gunungkidul, Minggu (2/4/2017). Akibat kejadian tersebut, empat orang meninggal dunia dan sembilan orang dirawat di Rumah Sakit.

Baca juga: Minibus Alami Kecelakaan di Gunungkidul, 4 Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com