Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, Mayat Bayi Terapung di Danau Kaki Gunung Andong

Kompas.com - 28/02/2017, 06:00 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sesosok mayat bayi ditemukan warga di Kedung Sedaung Dusun Kayupuring Kidul, Desa Banyusari, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kepala Sub Bagian Humas Polres Magelang AKP Santoso mengatakan, jasad bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut pertama kali ditemukan oleh Setiadi (40) saat sedang memancing ikan di kedung atau danau kecil sekitar pukul 11.00 WIB.

"Saksi (Setiadi) melihat ada mayat bayi mengapung di grojokan (air terjun kecil) di kedung itu, dia pikir boneka tapi setelah diamati ternyata benda itu mayat bayi," jelas Santoso, Senin (27/2/2017) malam.

Setiadi kemudian menariknya ke tepian kedung menggunakan kayu. Dia kaget karena ternyata benda itu adalah benar bayi yang sudah meninggal dunia.

Saat itu juga, Setiadi memanggil warga sekitar dan Kepolisian Sektor Grabag untuk menangani penemuan tersebut. Petugas segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan sejumlah saksi mata.

Polisi juga dibantu tim dokter dari Puskesmas Grabag unutk memudahkan identifikasi. Hasil pemeriksaan sementara disebutkan bahwa bayi diperkirakan masih berusia tujuh hari.

Selanjutnya, jasad bayi tersebut dibawa ke RSUP Prof Dr Sardjito Yogyakarta untuk keperluan otopsi.

"Sampai malam ini, hasil outopsi dari RSUP Sardjito belum diketahui. Namun jenazah bayi sudah diserahkan kembali kepada Kepala Dusun Kayupuring, pukul 19.45 WIB " kata Santoso.

Selanjutnya, bayi itu langsung dimakamkan oleh warga di TPU dusun setempat, Senin malam. Warga juga menggelar doa bersama untuk bayi itu di kediaman Kepala Dusun Kayupuring, Arif Sulistiyo.

Sementara itu, pihak kepolisian masih menelusuri pelaku yang membuang bayinya hingga meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com