Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Quick Count" LSI: Budi Budiman Teratas, Dicky Chandra Terakhir

Kompas.com - 15/02/2017, 20:22 WIB
Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengaku lebih hati-hati dan sempat lebih lama mengumumkan hasil quick count atau hitung cepat khusus di Pilkada Kota Tasikmalaya yang digelar serentak dengan 100 daerah lainnya di Indonesia.

Hasil hitung cepat lembaga survei ini selisihnya sangat tipis sebesar 1,42 persen antara pasangan nomor urut dua Budi Budiman-Muhammad Yusuf dengan nomor urut tiga Dede Sudrajat-Asep Hidayat.

"Kami sempat telat dan belum berani cepat mengumumkan hasil quick count Pilkada Kota Tasikmalaya dibandingkan dengan daerah lainnya. Soalnya kita yang diutamakan adalah akurasi karena selisihnya sangat sedikit yakni 1,42 persen antara pasangan nomor urut dua dan tiga," jelas peneliti senior LSI Mohammad Khotib, saat konferensi Pers di Hotel Horison, Kota Tasikmalaya, Rabu (15/2/2017).

Khotib menambahkan, hasil hitung cepat baru diumumkan pada petang ini pukul 18.00 WIB. Setelah lembaga ini merasa yakin dengan akurasi dan validitas datanya baru diumumkan kepada para awak media. Soalnya dalam hasil perhitungan di Pilkada Kota Tasikmalaya ini berbeda lima persen saja akan mempengaruhi siapa yang menang dan kalah.

"Setelah dirasa sangat akurat baru kami tidak ragu lagi. Khusus Pilkada Kota Tasik ini memang lebih lama dengan daerah-daerah lainnya," kata dia.

Hasil hitung cepat ini, tambah Khotib, diambil sampel dari 207 Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara acak dari jumlah TPS seluruhnya sebanyak 1.120 lokasi. Hasilnya adalah pasangan calon nomor urut 1 Dicky Candra-Denny Rhomdoni 21,46 persen, nomor urut 2 Budi Budiman-Muhammad Yusuf 39,98 persen, dan nomor urut 3 Dede Sudrajat-Asep Hidayat 38,56 persen.

Hasil itu menunjukkan angka partisipasi pemilih sebanyak 80,14 persen.

"Margin error  kurang lebih 1 persen, kalau ada perbedaan tak akan keluar dengan hasil real count KPU nantinya," ucap dia.

Sementara itu, real count yang dipasang pada layar lebar oleh di KPU Kota Tasikmalaya sampai pukul 20.00 WIB malam ini, pasangan Dicky Candra-Denny Rhomdoni 24,34 persen, pasangan Budi Budiman-Muhammad Yusuf 38,70 persen dan Dede Sudrajat-Asep Hidayat 36,96 persen.

Hasil itu baru masuk data dari 162 TPS dari jumlah total 1.120 TPS di seluruh Kota Tasikmalaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com