Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Terjang Ponorogo, Belasan Rumah Rusak

Kompas.com - 13/02/2017, 23:20 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

PONOROGO, KOMPAS.com - Sebanyak enam belas rumah di Desa Tumpak, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo rusak menyusul bencana longsor diikuti tanah gerak menerjang desa itu sejak Minggu (12/2/2017). Longsor dan tanah gerak menerjang Desa Tumpak setelah hujan deras mengguyur desa itu selama dua jam lebih.

"Ada empat dukuh di Desa Tumpak yang terdampak bencana longsor dan tanah gerak pasca hujan deras melanda desa itu. Total rumah yang rusak akibat bencana longsor dan tanah gerak di empat dukuh sebanyak 16 rumah," kata Kasubag Humas Polres Ponorogo, AKP Sudarmanto, Senin ( 13 / 2 / 2017).

Rinciaannya, Dukuh Gondang sebanyak dua rumah rusak, Dukuh Sumber empat rumah, Dukuh Salam delapan rumah, dan Dukuh Ngengor satu rumah.

"Tak hanya rumah, dilaporkan satu musala di Dukuh Salam milik warga juga rusak diterjang longsor," kata Sudarmanto.

Terhadap bencana itu, aparat desa dan aparat polsek setempat ke lokasi mengecek kondisi rumah warga yang rusak. Dipastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah yang merusakkan 16 rumah warga Desa Tumpak.

Warga diimbau waspada dan siaga bila hujan deras. Bila perlu warga mencari tempat aman saat hujan deras mengguyur dalam waktu yang lama.

"Tadi warga bersama aparat desa dan aparat keamanan juga gotong royong membersihkan bekas longsoran yang menimpa rumah masyarakat," sebut Sudarmanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com