Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan ke Timor Leste Putus, Kendaraan Terpaksa Melintas Lewat Sungai

Kompas.com - 11/02/2017, 09:42 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com - Hujan deras dan longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Biboki Anleu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebabkan jalan negara di ujung jembatan yang menghubungkan Desa Oemanu dan Desa Ponu putus total.

Akibatnya kendaraan warga setempat maupun kendaraan asal Timor Leste yang sering melintas setiap harinya, terpaksa melewati jalur alternatif yakni melalui sungai Ponu yang ada di bawah jembatan.

Camat Biboki Anleu Mikhael Oenunu mengatakan, jalur alternatif itu bisa digunakan jika tidak ada banjir.

“Kalinya luas dan besar sehingga takutnya saat kendaraan sedang melintas, tiba-tiba muncul banjir tentu akan berisiko tinggi sehingga tidak semua kendaraan yang berani melewati jalur kali ini,” kata Mikhael kepada Kompas.com, Sabtu (11/2/2017).

Mikhael mengaku, telah berkoordinasi dengan dinas teknis terkait di kabupaten untuk mencari solusi. Namun karena jalur jalan ini adalah jalan negara, sehingga akan ditangani oleh pemerintah pusat.

Jembatan Oemanu yang terletak di antara Desa Oemanu dan Desa Ponu ini merupakan satu - satunya akses penghubung dan jalur lalu lintas kendaraan dan orang dari Dili (Timor Leste) - Motain, Atambua, menuju Wini – Kefamenanu dan Distrik Oekusi (Timor Leste).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com