Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasma, Warga Telantar di Parepare Akhirnya Dapat Bantuan

Kompas.com - 29/01/2017, 20:13 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.ComHasma, warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang mengalami kelumpuhan dan telantar, akhirnya mendapatkan bantuan.

Sebelumnya diberitakan, karena tak memiliki rumah, Hasma harus berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kolong rumah warga ke kolong rumah warga lainnya.

Adalah Lembaga Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang memberikan bantuan. Bantuan berupa uang tunai untuk kebutuhan berobat Hasma dan beras untuk kebutuhan makan sehari-hari Hasma.

“Sebagai bentuk kepedulian kepada sesama, Lazismu Kota Parepare mengunjungi salah seorang warga yang menderita lumpuh karena jatuh dari mobil. Kami sangat trenyuh dan prihatin melihat kondisi ibu Hasma . Beliau hanya menumpang di bawah kolong rumah warga, hanya beralas tikar,“ ucapSaiful Amir, Sekretaris Lazismu Kota Pare, Sulawesi Selatan, Sabtu (29/01/2017).

Saiful mengatakan, selain tak punya tempat tinggal, Ibu Hasma ini juga tak punya sanak saudara. Untuk makan, hanya menunggu uluran tangan tetangga sekitar. Saiful juga mengajak kepada semua umat untuk peduli dengan sesama.

“Di sinilah peran lembaga sosial seperti Lazismu untuk menghimpun dana infak, shadaqah dan zakat, sehingga kalau ada umat yg tertimpa musibah seperti ini kita bisa bergerak cepat memberikan bantuan. Kalau kita tidak peduli dengan sesama, sama halnya kita mendustakan agama,“ kata Saiful.

Anggota Lazismu Kota Parepare lainnya, Ratma Radwan, mengatakan pihaknya akan terus menggugah hati warga Parepare, untuk bisa membantu Hasma. “Ayo segera salurkan bantuan Anda untuk Peduli Ibu Hasma,“ ujar Ratma.

Sebelumnya, Hasma, warga Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, diberitakan hidupnya berpindah pindah dari satu kolong rumah ke kolong rumah warga lainnya. Hasma harus digotong warga untuk pindah jika diusir pemilik rumah. 

Baca juga: Tak Punya Rumah, Nenek Hasma Harus Digotong Setiap Pindah ke Kolong Rumah Lain

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com