Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras Picu Longsor di 5 Lokasi di Lereng Sumbing

Kompas.com - 13/01/2017, 12:52 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Hujan deras menyebabkan tanah longsor di sejumlah lokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2017) sore.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mencatat bahwa tanah longsor terjadi di Kecamatan Bandongan dan Windusari di lereng Gunung Sumbing.

Di Bandongan, longsor terjadi di Dusun Beji, Desa Ngepanrejo. Longsor dari bangunan talud itu menimpa rumah milik Nurhakim (35), warga setempat.

"Talud dengan panjang sekitar 10 meter dan tinggi 3 meter ambrol akibat hujan deras, letaknya persis di samping rumah sehingga meterial tanahnya nyaris menimpa bagian belakang rumah," kata Nur, petugas BPBD Kabupaten Magelang, Jumat (13/1/2017).

Tidak jauh dari lokasi tersebut, tebing sepanjang 8 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 20 meter menimpa rumah milik Yahya (57). Dinding dapur rumah Yahya ambrol sehingga peralatan dapurnya rusak.

"Beruntung tidak ada korban jiwa. Penghuni rumah diimbau untuk mengungsi sementara ke lokasi yang aman karena kondisi rumah yang belum stabil," ujar Nur.

Sehari sebelumnya, Rabu (11/1/2017), longsor menimpa sebagian bangunan rumah milik Mualim (37) dan Anifudin (27) di Dusun Posong, Desa Ngepanrejo, Kecamatan Bandongan.

Selain itu, talud senderan sepanjang 15 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 3 meter ambrol di dekat SD Negeri Umbulsari, Dusun Tinjumoyo, Desa Umbulsari, Kecamatan Windusari.

Material longsor nyaris menutup jalan alternatif Windusari-Kabupaten Temanggung.

"Material menutup sebagian bahu jalan, namun tidak mengganggu arus lalu lintas warga. Kerugian materiil akibat bencana ini diperkirakan mencapai Rp 15 juta," kata Nur.

Di Dusun Gedegan, Desa Windusari, Kecamatan Windusari, tebing longsor nyaris menimpa rumah milik Nurudin (45). Material berupa tanah dari tebing setinggi 15 meter ambrol ke kebun Nurudin.

Seluruh penghuni rumah sudah mengamankan diri saat longsor terjadi dan mengungsi di rumah kerabat mereka.

Hingga Jumat pagi, petugas dari BPBD, relawanm dan masyarakat setempat melakukan kerja bakti di masing-masing titik bencana.

BPBD telah mengirimkan bantuan logistik untuk korban berupa peralatan dapur dan peralatan kerja bakti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com