Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Tahun Menanti, Warga Samarinda Bakal Nikmati Jembatan Mahkota II

Kompas.com - 12/01/2017, 11:53 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — Warga sekitar Kecamatan Palaran dan Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tidak sabar menunggu pengoperasian Jembatan Mahkota II yang menghubungkan dua wilayah tersebut.

Hari ini, Kamis (12/1/2017), warga setempat menyaksikan proses uji beban jembatan di atas Sungai Mahakam tersebut. Pengerjaan jembatan itu dimulai sejak 2002, tetapi mangkrak selama belasan tahun.

"Sudah 14 tahun menunggu dan sebentar lagi sudah bisa dilewati. Tentu saya sangat senang," kata Soli, warga Sambutan, saat menyaksikan proses uji beban dari atas bukit bersama warga lain.

Soli merasa beruntung dengan adanya jembatan itu. Menurut dia, jembatan tersebut akan memperpendek jarak tempuh dari rumahnya ke lokasi kerja di Loa Janan, Samarinda Seberang.

"Kalau harus memutar lewat Jembatan Mahakam kan jauh sekali. Saya juga ikut kena pembebasan lahan dulu," kata Soli.

(Baca juga Jembatan Mahkota II Belum Selesai Dibangun, Warga Samarinda Pertanyakan Kelanjutannya)

Uji beban ini dilakukan untuk menilai kelayakan jembatan sebelum nantinya dibuka untuk umum. Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang turut melihat langsung proses uji beban itu.

Proses uji beban dilakukan dengan melibatkan 22 dump truck yang akan melintas di atas jembatan sepanjang 1.428 meter tersebut. (Rafan Dwinanto/Tribun Kaltim)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com