Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Sungai Welang Meluap Genangi Jalur Pantura Pasuruan-Probolinggo

Kompas.com - 12/01/2017, 07:49 WIB
Kontributor Pasuruan, Moh. Anas

Penulis

PASURUAN, KOMPAS.com - Genangan banjir akibat luapan Sungai Welang di Kecamatan Kraton, Pasuruan, meluber hingga jalur pantura Pasuruan-Probolinggo, Kamis (12/1/2017).

Ketinggian air mencapai hingga rata-rata 20 sentimeter dan hanya satu jalur dibuka untuk menghindari kemacetan yang lebih panjang.

Luberan Sungai Welang tersebut akibat kiriman hujan deras yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Pasuruan yang terjadi sejak kemarin malam, Rabu (11/1/2017).

Ketinggian air di Sungai Selang mencapai 500 sentimeter hingga meluber ke perkampungan dan jalan raya.

Petugas dari Satlantas Polres Pasuruan Kota sempat menutup jalur Pantura. Kendaraan dari Surabaya dialihkan ke jalur Purwosari untuk menuju Pantura Banyuwangi atau Jember.

"Memang kemarin malam sempat ditutup, tapi pagi ini sudah dibuka karena dibuka karena air sudah mulai surut," ujar AKP Hari Subagio, Kasatlantas Polres Pasuruan Kota.

Selain di jalur Pantura, sisa genangan air juga masih terlihat di sejumah kecamatan, baik di Kabupaten Pasuruan maupun di Kota Pasuruan. Di antaranya di Kecamatan Grati, Rejoso dan Kraton.

Sedangkan di Kota Pasuruan genangan air di Dusun Karangasem, Kelurahan Karangketug, Purworejo.

"Ya, banjir masih menggenangi di Karangasem dengan ketinggian air satu meter di jalan. Kalau di rumah rata-rata ketinggian air 30 sentimeter," terang Gangsar Sulistiyarso, sekretaris BPBD Kota Pasuruan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com