Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Melahirkan, Istri Ketua DPRD Maluku Tengah Meninggal di RSUD

Kompas.com - 27/12/2016, 12:44 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Istri Ketua DPRD Maluku Tengah, Ernawati Elly meninggal dunia usai melahirkan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (27/12/2016).

Anggota DPRD Maluku Tengah, Yopy Kapressy kepada Kompas.com meyebutkan, ajal bagi seseorang memang telah ditentukan oleh Tuhan, namun dia menyayangkan proses penanganan medis di rumah sakit tersebut sangatlah minim.

“Tidak ada dokter ahli kandungan di RSUD Masohi, selain itu peralatan medis di rumah sakit juga sangat minim dan tidak memadai,” katanya.

Terkait keterbatasan tenaga dokter di rumah sakit tersebut, menurut dia, DPRD terus mendorong agar pemerintah daerah menyediakan tenaga dokter dan peralatan medis. Namun sejauh ini hal tersebut belum direalisasikan.

“Kita selama ini meminta kepada pemerintah dan rumah sakit agar menyediakan tenaga dokter dan fasilitas kesehatan yang memadai. Saya kira ini pukulan bagi kita semua agar ke depan masalah ini bisa lebih diperhatikan,” ungkapnya.

Dia sendiri menyayangkan sikap pemerintah yang tidak tanggap dengan persoalan tersebut, padahal kebutuhan akan layanan kesehatan sangatlah dibutuhkan masyarakat di kabupaten tertua di Maluku tersebut.

“Dulu waktu masa kampanye janjinya iingin memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, itu yang harus direalisasikan,” katanya.

Terpisah, Kepala RSUD Masohi, dr Tuty yang dikonfirmasi Kompas.com membenarkan jika rumah sakit yang dipimpinnnya itu tidak memiliki dokter ahli kandungan.

”Benar pak sudah lama itu (dokter ahli kandungan) tidak ada di RSUD,” sebut Tuty melalui pesan singkat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas.com, Ernawati masuk ke rumah sakit tersebut pada Senin malam.  Dia meninggal dunia setelah melahirkan sepasang anak kembar di rumah sakit milik pemerintah tersebut sekira pukul 04.00 WIT dinihari.

Saat ini jenazah telah dibawa ke rumah duka di Desa Hitu, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah untuk proses pemakaman. ”Jenazah telah berada di rumah duka di Desa Hitu untuk proses pemakaman,” kata salah seorang anggota keluarga saat dihubungi, Selasa siang.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com