Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Dinas Wali Kota Bandung Jadi Wisata Sejarah, Ini Alasan Ridwan Kamil

Kompas.com - 25/12/2016, 19:54 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Rumah dinas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau biasa disebut Pendopo Kota Bandung mulai hari ini Minggu (25/12/2016) resmi dibuka untuk umum sebagai lokasi wisata sejarah.

Pengumuman itu disampaikan Ridwan melalui akun Instagram-nya, Sabtu (24/12/2016) malam. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Pendopo sengaja dibuka untuk umum agar masyarakat bisa melihat salah satu jejak peninggalan sejarah Kota Bandung.

Seperti diketahui, Pendopo Kota Bandung merupakan bangunan pemerintahan Bupati Bandung pada era kepimpinan RA Wiranatakusumah (1794-1829).

Lokasinya terletak di Jalan Dalemkaum, atau tepat di sebelah timur Alun-alun Bandung. "Ini aspirasi banyak orang ingin berwisata ke Pendopo. Ini kan bangunan bersejarah lebih dari satu abad dan dulunya kegiatan bupati pada zamannya. Sekarang jadi rumah wali kota yang penuh dengan keindahan dari taman, arsitektur pendopo, arsitektur limas yang tidak berdinding," kata Ridwan, saat temui wartawan Sabtu (24/12/2016) malam.

Emil, begitu ia disapa, menuturkan, khusus selama akhir tahun atau hingga 1 Januari 2017, Pendopo Kota Bandung akan dibuka setiap hari untuk umum mulai pukul 09.00-12.00 WIB dan pukul 13.30-16.00 WIB.

"Setelah tanggal 1 Januari, hanya dibuka Sabtu-Minggu di jam yang sama. Tapi khusus akhir tahun dibuka tiap hari," ungkap Emil.

Emil berharap terobosan itu bisa menambah wawasan masyarakat tentang sejarah Kota Bandung. "Mudah-mudahan ini menambahi pengetahuan sejarah bagi orang Bandung dan wisatawan seperti hal kita ke Yogyakarta ingin ke keraton," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com