Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Sinabung Karam di Maluku Tenggara, Ratusan Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 22/12/2016, 23:05 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON,KOMPAS.com - Kapal Motor Sinabung yang mengangkut ratusan penumpang karam di perairan Dula, Maluku Tenggara, Kamis (22/12/2016). Saat ini proses evakuasi ratusan penumpang dari atas kapal milik PT Pelni itu tengah dilakukan tim SAR Tual dibantu petugas syahbandar setempat.

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon pada Kamis dinihari. Sesuai jadwal mestinya kapal tersebut sudah harus sandar di pelabuhan Tual pada pukul 17.00 WIT. Akan tetapi setelah tiba di kepulauan Dula Kota Tual, kapal itu karam.

Komandan SAR Tual, Faris yang dikonfirmasi mengaku kapal itu kemunginan menambrak karang sehingga langsung karam. Menurut dia sejak pukul 19. 40 WIT pihaknya telah melakukan upaya evakuasi terhadap para penumpang dari atas kapal.

"Kapal kandas di perairan Dula, dan saat ini sedang dilakukan proses evakkuasi,” kata Faris Kamis malam.

Menurut dia, untuk membantu evakuasi, tim SAR dibantu satu unit kapal Ferry milik ASDP dan satu kapal patroli dari Syahbandar. Dia mengaku kapal milik SAR sendiri mengalami gangguan pada mesinnya sehingga tidak bisa digunakan.

"Kita dibantu Syahbandar dan ASDP, seluruh penumpang sedang dievakuasi ke Tual saat ini," ujar Faris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com