Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebagian Peserta Demo dari Ciamis Lanjutkan Perjalanan ke Jakarta dengan Bus

Kompas.com - 01/12/2016, 09:52 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebagian peserta aksi damai bela Islam Jilid III dari Ciamis melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menumpangi bus, Kamis (1/12/2016). Mereka adalah peserta yang sudah berjalan sejauh 130 kilometer.

"Kami memutuskan orang yang sudah berjalan kaki ratusan kilometer akan naik bus. Orang yang masih mau, masih kuat, dan mampu akan jalan kaki," kata Koordinator Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Kabupaten Ciamis, Nonop Hanafi.

Baca juga: Peserta Aksi 2 Desember yang Jalan Kaki dari Ciamis Tiba di Bandung

Sebagian peserta aksi damai yang tidak berjalan kaki akan menaiki 10 bus. Namun kata Nonop, tak menutup kemungkinan peserta aksi yang sudah berangkat dengan berjalan kaki akan dijemput.

Hal itu tergantung situasi, kondisi, jarak tempuh, dan waktu. Mengingat aksi damai berlangsung besok.

"Kami juga ada kebijakan untuk para pejalan kaki yang sudah berangkat," kata Nonop.

Ratusan peserta aksi damai bela Islam Jilid III yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI Kabupaten Ciamis kembali melanjutkan perjalanan ke Jakarta, Kamis.

Mereka berangkat dengan berjalan kaki melintasi jalur utama Cimahi-Cianjur-Bogor-Jakarta tepat pukul 07.00 WIB.

Pantauan Tribun Jabar, peserta aksi damai yang berjalan kaki itu dikawal aparat kepolisian.

Mereka terlihat membawa sejumlah atribut yang akan digunakan pada aksi besok. Mereka berjalan memenuhi lajur lambat atau khusus sepeda motor di Jalan Soekarno-Hatta.

Baca juga: Ribuan Orang asal Ciamis Jalan Kaki ke Jakarta untuk Ikut Demo 2 Desember

Keberadaan mereka di Kota Bandung merupakan hari ketiga setelah melakukan perjalanan dari Kabupaten Ciamis. Mereka bermalam di aula yang ada di Kantor Perhutani.

Bukan tanpa alasan mereka menempuh ratusan kilometer untuk menuju ke Jakarta. Perusahaan bus di Kabupaten Ciamis menolak menyewakan armada untuk perjalanan peserta aksi damai.

Berita ini sudah tayang di Tribunnews.com, 1 Desember 2016 dengan judul Ikut Demo di Jakarta, Ada yang Jalan Kaki dari Ciamis, Sebagian Lagi Naik Bus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com