Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Barongsai Meriahkan Acara Nusantara Bersatu di Manokwari

Kompas.com - 30/11/2016, 11:21 WIB
Kontributor Kompas TV Manokwari, Budy Setiawan

Penulis

MANOKWARI, KOMPAS.com - Tari barongsai ikut ditampilkan dalam acara Nusantara Bersatu di lapangan borarsi Manokwari, Papua Barat, Rabu (30/11/2016).

Acara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Manokwari FM Lalenoh selaku inspektur upacara ini dilaksanakan untuk memperkokoh persatuan dan perdamaian di Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam XVIII, Wakil Kepala Polda Papua Barat, unsur musyawarah pimpinan daerah Kabupaten Manokwari, serta tokoh masyarakat dan adat dari berbagai etnis.

Meski sempat diguyur hujan, upacara tersebut berjalan lancar.

Lalenoh mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan serta menolak segala bentuk paham radikalisme, terorisme, anti-Pancasila dan intoleransi yang dapat mengancam keutuhan bangsa.

Para peserta yang berasal dari berbagai suku di Nusantara ikut menampilkan tarian khas daerahnya.

Adapun tari barongsai ditampilkan oleh anak-anak Papua Barat. Tarian ini menjadi hiburan tersendiri bagi peserta upacara dan mereka tampak memberikan sejumlah angpao kepada iring-iringan penari.

Pemunculan tari khas Tionghoa itu untuk menunjukkan persatuan dan kesatuan NKRI serta menjaga perdamaian tanpa membedakan etnis.

Di akhir acara, peserta acara mengikuti doa berantai oleh enam tokoh agama di Indonesia, khususnya di Manokwari, yakni agama Islam, Kriten Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com