Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Lutung Jawa Diperiksa Sebelum Jalani Masa Karantina

Kompas.com - 17/11/2016, 16:49 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Enam lutung jawa (Trachypithecus auratus) di Javan Langur Center (JLC) Coban Talun, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, menjalani pemeriksaan kesehatan, Kamis (17/11/2016).

Pemeriksaan itu merupakan pemeriksaan pertama setelah lutung tersebut tiba di JLC dan akan menjalani masa karantina selama tiga bulan.

(Baca juga 4 Lutung Jawa yang Diserahkan Warga Jalani Rehabilitasi)

Project Manager JLC Iwan Kurniawan mengatakan, setiap lutung jawa yang menjalani rehabilitasi di JLC harus menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali.

Pemeriksaan pertama dilakukan saat lutung tersebut baru tiba di pusat rehabilitasi tersebut dan akan menjalani masa karantina.

Pemeriksaan kedua dilakukan setelah lutung itu selesai menjalani masa karantina selama tiga bulan dan pemeriksaan yang terakhir dilakukan sebelum lutung itu dilepas liarkan.

"Semua pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa lutung - lutung tersebut terinfeksi penyakit berbahaya menular atau tidak," kata Iwan melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com.

Enam lutung jawa yang menjalani pemeriksaan itu antara lain Sartika dan Rina, lutung betina berusia 9 bulan asal Surabaya.

Selain itu juga ada Moses, lutung jantan berusia 11 bulan asal Jember; Mira (1 tahun), lutung betina asal Yogyakarta; Meti (7 tahun), betina asal Probolinggo; dan Boni, jantan berusia 2,5 tahun asal Jombang.

Iwan menyebutkan, pemeriksaan kesehatan itu dilakukan oleh staf medis The Aspinall Foundation Indonesia.

Pemeriksaan meliputi pemeriksaan fisik, pemberian mammalian old tuberculin (MOT), pemeriksaan bakteri, parasit, hematologi darah lengkap dan kimia darah, serta virologi.

"Setelah menjalani pemeriksaan awal, keenam ekor lutung jawa itu akan ditempatkan di blok kandang karantina selama tiga bulan sambil menunggu hasil laboratorium," jelasnya.

Selama berada pada masa karantina, lutung itu akan menjalani pemeriksaan parasit rutin pada feses. Selain itu juga menjalani pemberian vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya dan pengenalan pakan alami.

Lamanya proses rehabilitasi lutung jawa bergantung pada kondisi dan latar belakang riwayat perawatan sebelumnya.

"Biasanya paling cepat enam bulan dan paling lama lima tahun," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com