Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Sepeda Saat "Car Free Day", Pekerja Proyek Ditangkap Polisi

Kompas.com - 10/11/2016, 23:12 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Terdesak memenuhi kebutuhan keluarga, RS (44), pekerja proyek nekat mencuri sepeda di arena car free day (CFD) Jalan Pahlawan Kota Madiun. Pria asal Sogo, Balerejo, Kabupaten Madiun ini ketagihan empat kali mencuri sepeda gunung bermerek lantaran mudah menjual dan harganya tinggi.

"Tersangka mengaku hasil penjualan sepeda yang dicurinya untuk dikirim ke istri dan sisanya untuk dipakai sendiri. Dari pengakuannya, hasil curiannya sudah dijual di Surabaya," ujar Kasubag Humas Polres Madiun Kota, AKP Ida Royani kepada Kompas.com, Kamis ( 10/11/2016).

Ida mengatakan, polisi menangkap tersangka pekan lalu setelah kepergok mencuri sepeda merek Polygon milik pelajar SMP di areal CFD Kota Madiun. Tersangka menjadi incaran aparat lantaran sudah beberapa kali pengunjung CFD kehilangan sepeda meski sudah dikunci.

Modus pencurian yang dipakai tersangka dengan cara mencopot tempat duduk sepeda yang dikunci pemiliknya. Selanjutnya, sepeda dituntun dibawa keluar dari area CFD.

"Tersangka beraksi setiap hari Minggu di area CFD di Jalan Pahlawan Kota Madiun," jelas Ida.

Saat ditangkap, tersangka RS mengaku sudah lima kali mencuri. Bahkan sebelum tertangkap, ia pernah dipenjara gara-gara mencuri sepeda gunung bermerek di Surabaya.

Hasil barang curian, kata Ida, dijual tersangka RS ke Surabaya. Harga jualnya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 2 juta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com