Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pahlawan, Ganjar Pimpin Warga Bersihkan Pantai

Kompas.com - 10/11/2016, 11:19 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com – Ratusan warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah kerja bakti membersihkan sampah di sekitar Pantai Teluk Penyu, Kamis (10/11/2016). Kerja bakti itu dilakukan dalam rangka memperingati peringatan Hari Pahlawan pada hari ini.

Berdasarkan pantauan, para pelajar dari sekolah-sekolah di Cilacap membawa alat untuk membersihkan titik titik di pantai Teluk Penyu. Sebagian besar membawa sapu lidi, plastik untuk mengangkut sampah.

Mereka mulai memunguti sampah tepat di depan tulisan Pantai Teluk Penyu, hingga sabuk pantai memanjang hingga di dekat dermaga menuju Pulau Nusakambangan. Kerja bakti diikuti mayoritas oleh pelajar setempat, pegawai setempat, pimpinan SKPD hingga DPRD Cilacap.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang hadir kala itu langsung memimpin kerja bakti untuk bersih-bersih pantai. Menurut dia, selain elok dipandang, pantai yang bersih juga bakal menggairahkan wisata setempat.

“Ayo bersihkan. Kalau tempat ini bersih, maka pariwisata di pantai Teluk Penyu juga akan meningkat,” kata Ganjar mengawali kerja bakti.

Para pelajar dan warga yang membawa alat langsung menuju bibir pantai untuk membersihkan sampah plastik, kayu yang berserakan. Petugas dari dinas kebersihan menyiagakan beberapa truk sampah untuk diteruskan di tempat pembuangan akhir.

Dalam kesempatan ini, Ganjar menilai tata letak bangunan di Pantai Teluk Penyu sudah cukup baik. Pantai tidak lagi dipunggungi, melainkan semua sudah menghadap ke arah laut. Sejumlah hasil tangkap nelayan setempat juga diperjualbelikan di dekat Pantai Teluk Penyu juga ikut dipantau.

“Ini baik tidak memunggungi pantai, tinggal dikembangkan lagi,” kata dia.

Sebelum membersihkan pantai, Gubernur juga menjadi inspektur upacara dalam peringatan hari Pahlawan tingkat Jateng di alun-alun Kabupaten Cilacap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com