Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek 125 Tahun Divonis 6 Bulan Penjara karena Edarkan Uang Palsu

Kompas.com - 08/11/2016, 14:11 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, menjatuhkan vonis enam bulan penjara kepada bernama Ariyo Tedjo Warno. Pria berusia 125 tahun itu dinyatakan terbukti mengedarkan uang asing palsu.

"Menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Ariyo Tedjo Warno dengan hukuman penjara enam bulan penjara, dikurangi masa tahanan yang sudah dijalani," ujar ketua majelis hakim Sulistyono membacakan amar putusan, Selasa (8/11/2016).

Hakim membuktikan bahwa perbuatan terdakwa melanggar Pasal 245 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Ariyo ditangkap petugas Reserse dan Kriminal Polrestabes Semarang pada 30 Mei 2016. Kala itu, kakek tersebut sedang melakukan transaksi uang dalam bentuk dollar AS dan euro palsu di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kaligawe Semarang.

Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi menemukan uang bukti berupa 453 lembar euro pecahan 1 juta dan 112 lembar pecahan 1.000 dollar AS.

Ariyo ditangkap bersama dengan dua orang rekannya, yaitu Joni (30) warga Lampung dan Yitno (61) dari Surabaya.

Hukuman yang dijatuhkan hakim lebih rendah empat bulan dari tuntutan yang diminta jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Semarang.

Atas putusan ini, Ariyo menerima putusan. "Saya menerima. Terima kasih, " jawab dia saat ditanya hakim soal sikap hukumnya.

Ariyo saat ini berusia 125 tahun, dibuktikan dari kartu tanda penduduknya dalam persidangan itu. Pria berambut putih itu tertulis berasal dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dan lahir pada 27 Juli 1891.

Hukuman selama enam bulan yang dijatuhkan lebih mempertimbangkan usia lanjut terdakwa. Selain itu, terdakwa bersikap sopan selama menjalani proses persidangan, serta telah menyesali perbuatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com