Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trenggalek Diterjang Puting Beliung, Sejumlah Rumah Rusak Tertimpa Pohon

Kompas.com - 07/11/2016, 23:45 WIB
Slamet Widodo

Penulis

TRENGGALEK, KOMPAS.com -  Puting beliung menerjang Kabupaten Trenggalek Jawa Timur Senin (11/07/2016). Sejumlah rumah warga rusak tertimpa pohon yang tumbang akibat tiupan angin kencang tersebut.

Sedikitnya dua kecamatan yang dilanda tiupan angin kencang dan disertai hujan deras. yakni Kecamatan Tugu, dan Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

Salah satunya yang terjadi di Desa Kerjo Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Di tempat ini sejumlah rumah tertimpa pohon tumbang akibat tiupan angin kecang disertai hujan deras. Satu rumah milik warga bernama Ahmad Sukendar (38) mengalami kerusakan tertimpa pohon waru berdiameter 2 meter lebih.

Sementara satu rumah warga lainnya juga tertimpa pohon namun tidak mengalami kerusakan yang berarti.

“Hujan dan tiupan angin sangat kencang sekali,selama sekitar setengah Jam. Secara perlahan, beberapa pohon jati dan pohon waru yang berada di samping rumah tumbang menimpa rumah kami," ucap pemilik rumah, Ahmad Sukendar.

Pohon yang tumbang tepat mengenai bagian atap rumah hingga hancur, serta merusak sisi tembok ruang tamu. Untuk sementara rumah tersebut tidak bisa digunakan karena kondisinya berantakan dan rawan terjadi ambruk susulan.

Tidak ada korban dalam peristiwa itu karena rumah dalam keadaan kosong.

“Pada saat pohon ini tumbang, saya bersama warga lain berkumpul di rumah tetangga sambil memantau keadaan, pada saat terjadi hujan deras yang disertai angin kencang,” ujar Ahmad.

Selain di Kecamatan Karangan, satu rumah di Kecamatan Tugu juga hancur tertimpa pohon kelapa. Petugas dari tim Basarnas pos Trenggalek melakukan upaya memotong batang pohon kelapa dengan menggunakan gergaji mesin.

“Tidak ada kendala dalam melakukan proses pemotongan kayu yang menimpa rumah warga. Tadi sempat terhenti sejenak karena minimnya penerangan,dan setelah mendapat penerangan yang cukup,upaya pemotongan kami lanjutkan dan berjalan lancar,” ucap anggota Basarnas pos Trenggalek, Yonifar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com