Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerbau Korban Ledakan di Bantul Akhirnya Mati

Kompas.com - 02/11/2016, 13:31 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

BANTUL,KOMPAS.com - Kerbau yang menjadi korban bom, di pinggiran sawah, Karangnongko, Sumber Agung, Jetis, Bantul pada Selasa (01/11/2016) kemarin akhirnya mati. Kerbau yang dibeli oleh Subardi pada Agustus 2016 ini diketahui mati pada pukul 23.00 WIB.

Sebelumnya, kerbau milik Subardi ini setelah menginjak benda yang diduga bom rakitan mengalami luka di sekujur tubuh karena tertancap paku berbagai ukuran. Meski mengalami luka, kerbau ini sempat bisa berjalan sampai sungai untuk dimandikan dan kembali ke kandangnya. Bahkan kerbau yang dibeli seharga Rp 11 juta oleh Subardi ini telah mendapatkan perawatan dengan diberikan obat anti tetanus dan antibiotik.

"Kemarin setelah menginjak bom itu masih bisa jalan, tapi memang paku yang menancap ditubuh, kaki dan kepala cukup banyak," ujar Kasidi (57) warga Sawahan, Sumber Agung, Jetis, Bantul yang juga tetangga Subardi, Rabu (02/11/2016).

Dia menuturkan, sebelum mati kerbau bersikap tidak wajar. Sekitar pukul 19.00 WIB, kerbau tersebut meronta-ronta. "Sampai kecebur di sawah sebelahnya," sebutnya.

Ketika dicek oleh warga ke kandang, dari mulut kerbau tersebut lanjutnya juga tampak mengeluarkan busa berwarna putih. Kondisinya seperti terkena racun.

"Berbusa seperti kena racun. Kondisinya melemah, sekitar pukul 23.00 WIB sudah mati," ujarnya.

Sementara itu Jumilah, Istri Subardi menyampaikan saat ini kerbau yang mati masih belum dikuburkan. Sebab menunggu arahan dari kepolisian.

"Belum dikuburkan, masih nunggu. Sekarang (Subardi) sedang di Polres," ucapnya.

Jumilah mengaku dirinya dan suaminya sedih dengan kematian kerbau yang dibeli seharga Rp 11 juta itu. Namun, ia tetap bersyukur bukan suaminya yang menginjak bom diduga rakitan tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, ledakan cukup keras terjadi di pinggiran sawah, Karangnongko, Sumber Agung, Jetis, Bantul pada Selasa (1/11/2016) sekitar pukul 10.30 WIB.

Benda yang diduga bom rakitan ini meledak terinjak seekor kerbau. Kerbau yang menjadi korban ledakan di pinggir area persawahan Karangnongko, Sumber Agung, Jetis, Bantul mengalami luka di sekujur tubuh hingga kepala. Bahkan ada sekitar 50 paku berbagai ukuran menancap di kaki, perut dan bagian kepala. 

Baca: Ledakan Keras Terjadi di Bantul, Seekor Kerbau Terkapar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com