Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Prihatin atas Kondisi Fasilitas Kesehatan di Ambon

Kompas.com - 01/11/2016, 06:04 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Penjabat Wali Kota Ambon Frans Johanis Papilaya mengatakan bahwa sejauh ini fasilitas kesehatan, khususnya di puskesmas-puskesmas Kota Ambon, masih jauh dari harapan.

"Gedung-gedung puskesmas yang dibangun cukup lama itu, kondisinya sangat memprihatinkan dan harus segera diperbaiki, begitupun fasilitasnya," kata Frans kepada waratwan di Ambon, Senin (31/10/2016).

Setelah meninjau puskesmas-puskemas di Ambon, Frans menilai bahwa banyak puskesmas yang membutuhkan perhatian, baik dari segi infrastruktur dan fasilitas kesehatan maupun sumber daya manusia.

"Saya melihat pelayanannya, kesiapan SDM yang ada, juga peralatan kerja dan fasilitas mendukung di puskesmas, dan memang masih sangat memprihatinkan," kata dia.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut seperti apa kondisi yang memprihatinkan tersebut.

Frans menyebutkan, pemerintah Kota Ambon terus berusaha berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk menyelesaikan berbagai masalah tersebut.

Beberapa waktu lalu, Frans sudah menyampaikan proposal ke Kementerian Kesehatan terkait persoalan kesehatan di Kota Ambon.

Ia juga meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan mengawal proses persetujuan proposal tersebut.

Frans mengatakan, perbaikan sektor kesehatan merupakan sesuatu yang penting untuk kepentingan masyarakat dalam memperoleh pelayanan yang baik. Karena itu, ia berjanji masalah tersebut akan menjadi prioritas untuk segera ditangani.

"Melalui APBD 2017 ini, kita bisa mengatasi masalah tersebut, saya yang akan mengendalikan seluruh pembiayaannya di APBD 2017. Saya ingin posisi untuk bidang kesehatan maupun pendidikan itu mengalami peningkatan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com