Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun, Festival Belitung Masuk Kalender Wisata Nasional

Kompas.com - 22/10/2016, 16:13 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TANJUNG KELAYANG, KOMPAS.com - Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Safri Burhanuddin menjanjikan Festival Belitung akan dimasukkan dalam kalender wisata nasional.

"Kami akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Kementerian Dalam Negeri, dan instansi terkait untuk sesegera mungkin menyiapkan segala sesuatunya," ungkap Safri kepada Kompas.com, usai membuka Festival Belitung 2016, di Tanjung Kelayang, Sabtu (22/10/2016).

Safri mengatakan, akhir tahun 2016 event Festival Belitung sudah masuk dalam kalender wisata Nasional.

Hal ini dilakukan supaya festival ini lebih dikenal oleh dunia internasional, dan makin banyak investor kelas dunia yang tertarik dan mulai mempromosikannya.

Idealnya, menurut Safri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung mengagendakan 12 event wisata dalam setahun. Separuh di antaranya berlevel internasional.

Banyaknya acara bertaraf internasional sangat menentukan perkembangan dan pertumbuhan industri pariwisata yang pada gilirannya meningkatkan perekonomian Kabupaten Belitung. (Baca: Bupati Belitung: Kapal Mafia Timah Hambat Industri Pariwisata )

Selain itu, Safri juga menyarankan Pemkab Belitung untuk merangkul pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terutama kerajinan dan barang kreatif sebagai upaya mengidentifikasi ciri khas daerah.

"Pemkab harus kreatif dan inovatif menggelar acara-acara seperti festival mancing sendiri, lomba membuat wadah merica sebagai hasil bumi sendiri, festival atraksi budaya," imbuh Safri.

 

Kompas TV Pantai Rambak Jadi Primadona Pulau Bangka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com