Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi 6 Partai Gelar Rapat Akbar untuk Pemilihan Gubernur Aceh

Kompas.com - 01/10/2016, 11:33 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Koalisi enam partai, yakni Partai Nasdem, Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menggelar rapat akbar terkait dukungan terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Tarmizi A Karim-H T Machsalmina Ali, di stadion Lhong Raya, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, Sabtu (1/10/2016).

Acara tersebut dihadiri Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, dan Ketua DPP PAN Muhammad Najib.

Selain itu, para kader dan simpatisan partai pendukung juga meramaikan acara tersebut.

Romahurmuziy mengatakan, rapat akbar pada siang hari ini semacam bentuk pengumuman terbuka kepada warga Aceh untuk mengenalkan lagi pasangan calon Tarmizi A Karim-H T Machsalmina.

"Ini sesungguhnya show off ya, sebuah demonstrasi secara terbuka besarnya dukungan terhadap pasangan ini. Meskipun pada waktu pendaftaran semua juga sudah membaca, tapi tentu skalanya berbeda. Kemudian kehadiran tokoh-tokoh nasional tentu menjadi nilai tersendiri bagi masyarakat Aceh," ujar pria yang akrab disapa Roomy itu di Aceh, Sabtu.

Alasan PPP memberikan dukungan kepada Tarmizi A Karim-H T Machsalmina Ali, kata Rommy, karena pasangan calon tersebut merupakan kombinasi ideal untuk memimpin Aceh. Kaduanya, lanjut dia, sudah pernah memegang jabatan penting baik di daerah maupun di pusat.

Tarmizi pernah menjabat sebagai Irjen Kemendagri RI, dan Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan. Sementara Machsalmina Ali pernah menjabat bupati Aceh Selatan selama dua periode.

"Saya kira ini turut membentuk optimisme kami terhadap pemenangan pasangan ini. Tentu juga dengan dukungan seluruh warga Aceh," kata Rommy.

Selain itu, lanjut dia, elektabikitas pasangan calon tersebut cukup tinggi, sehingga bisa diartikan bahwa masyarakat banyak memberi dukungan kepada pasangan ini.

"Beberapa bulan lalu kami tahu persis sebelumnya Pak Tarmizi masih mengemban tugas negara di Jakarta. Berbagai kesibukan yang masih diemban ternyata sesuai survei berkala kami, pasangan ini terus mendapatkan elektbilitas menguat. Saya optimis ke depan pasangan ini bisa memenangkan Pilkada Aceh," kata dia.

Pemilihan Gubernur di Aceh sedianya diikuti oleh enam pasangan calon, yakni Zaini Abdullah-Nasaruddin, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, Tarmizi Karim-T Machsalmina, Zakaria Saman-T Alaidinsyah, dan Muzakkir Manaf-TA Khalid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com