Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Akan Luncurkan Senam Islam Nusantara di Ambarawa

Kompas.com - 25/09/2016, 13:04 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi akan meluncurkan gerakan senam yang sesuai syariat Islam yang digagas oleh Nahdlatul Ulama.

Peluncuran Senam Islam Nusantara ini dilakukan di Lapangan Panglima Besar Jendral Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Minggu (25/9/2016) sore.

Ketua Panitia Launching SIN Mohammad Amin Rifai mengatakan, peluncuran ini diharapkan dapat memperkenalkan bentuk senam yang syar'i.

Menurut dia, selama ini banyak gerakan senam yang belum mencerminkan yang islami.

"Musik dan gerakan senam yang sekarang marak belum ada yang bernuansa religius, padahal mayoritas penggemar senam adalah Muslim. Karena itu, perlu diciptakan gerak dan musik yang bernuansa religius sebagai identifikasi senam yang Islami yang tidak menabrak syar’i," kata Rifai ditemui di sela-sela acara tersebut.

Rifai mengatakan, gerakan senam beridentitas muslim ini sejalan dengan program unggulan Muktamar ke-73 NU pada Agustus 2015, yaitu Islam Nusantara atau Islam yang keindonesiaan.

Ia mengatakan bahwa spirit Islam Nusantara ini perlu disosialisasikan kepada para nahdhiyin se-Nusantara, salah satunya melalui lagu dan senam islami.

"SIN ini diharapkan akan memperkaya khazanah budaya keislaman yang berbineka tunggal ika yang dapat dijadikan sebagai ikon nasional untuk peradaban Indonesia dan dunia," kata dia.

Peluncuran SIN akan melibatkan lebih kurang kurang 20.000 orang peserta dari internal NU, antara lain dari GP Ansor, Banser, Fatayat, Muslimat, IPNU, IPPNU, Lesbumi, Pertanu, ISNU, LPNU, Ma’arif NU, maupun unsur masyarakat lainnya.

Peserta juga meliputi elemen dan kelompok masyarakat umum yang terdiri dari pemuda, pelajar, mahasiswa, relawan serta kelompok-kelompok masyarakat lainnya.

Acara peluncuran akan dimeriahkan oleh parade drum blek, drum band, marching band, drama kolosal Baruklinting, dan musik campursari dengan bintang tamu penyanyi Didi Kempot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com