Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monumen Mirip Monas dan Air Mancur Bundaran HI Dibangun di Jayawijaya Papua

Kompas.com - 12/08/2016, 08:46 WIB

WAMENA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, tengah membangun monumen mirip miniatur Monuman Nasional di Jakarta dan dilengkapi air mancur seperti di Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Miniatur ini diberi nama Menara Salib Wio Silimo.

Bupati Jayawijaya John Wempi Wetipo, Jumat (12/8/2016) mengatakan, monumen yang puncaknya dibangun menara salib ini akan dibangun setinggi 54 meter.

"Selain dibangun menara salib menggunakan lift untuk naik dan turunnya, kami juga akan membangun museum untuk pintu masuk serta terowongan untuk pintu keluarnya," kata Wetipo seperti dikutip Antara Papua.

Menurut Wetipo, museum juga akan memajang replika mumi seharga Rp 600 juta dan benda-benda budaya khas Wamena. Museum itu juga akan menampilkan foto-foto bupati pertama hingga kini di Kabupaten Jayawijaya serta buku sejarah terbentuknya wilayah tersebut.

Ia mengatakan, pintu keluar museum dibuat seperti terowongan. Akan disediakan pula sebuah tempat pembelian aksesori khas Wamena sehingga pengunjung yang datang dapat membawa buah tangan khas daerah setempat.

"Nantinya juga akan dibangun air mancur yang serupa dengan air mancur di Bundaran HI Jakarta sehingga dapat melihat monas versi lengkapnya di lokasi ini," kata dia.

Dia menambahkan pembangunan monumen Wio Silimo, yang dalam bahasa setempat berarti Wamena tempat berkumpulnya orang, itu akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 150 miliar.

Pembangunannya ditargetkan selesai pada 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com