Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Sempat Alami Kejadian Aneh Saat Mengandung Bayi dengan Dua Kepala

Kompas.com - 12/08/2016, 06:06 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Seorang bayi berjenis kelamin perempuan buah pasangan Dianto (32) dan Sri Wahyuni (33), lahir dengan dua kepala di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ibnu Sina Gresik, Jawa Timur, Selasa (9/8/2016).

Dianto tidak pernah mendapat firasat apa pun saat sang istri mengandung jabang bayi, sampai proses persalinan. Namun, Sri sempat mengalami kejadian langka saat mengandung bayi tersebut.

"Saya ingat, saya sempat menggoreng satu biji telur, yang kuningnya ada dua. Telur itu saya goreng dan kemudian saya buat makan," kata Sri, Kamis (11/8/2016).

Saat itu, Sri tidak menyadari bahwa dirinya tengah hamil. Sepekan kemudian, ia mengalami sakit perut, lalu mengajak suaminya memeriksakan diri di Puskesmas Alun-alun Gresik. Dalam pemeriksaan itulah, ia mengetahui telah hamil.

"Selain kejadian telur dengan dua kuning itu, saya kira tidak ada lagi firasat lain. Semua biasa saja, sampai saat kelahiran kemarin," kata dia.

Pada saat sebelum operasi caesar dilakukan, bayi yang dikandungnya sempat membentur ulu hatinya dan membuat Sri terkejut. Dokter di Puskesmas Alun-alun akhirnya merujuk Sri ke RSUD Ibnu Sina karena bayi ditengarai dalam keadaan sungsang.

"Hanya saja saat pemeriksaan terakhir sebelum kelahiran, ukuran lingkar perut saya memang agak lebih dari biasanya. Sebab kata bidan, ukuran normal lingkar perut saat mengandung itu 40 sentimeter, tapi saat itu lingkar perut saya 42 sentimeter," kata Sri.

Baik Sri maupun Dianto tidak menyangka bahwa bayinya akan terlahir dengan dua kepala. Mereka tidak terlalu mengkhawatirkannya. Mereka juga tidak melakukan pemeriksaan ultrasonografi atau USG, antara lain karena tidak memiliki uang untuk membayar USG.

Meski demikian, Sri rutin memeriksakan dirinya dan bayi yang tengah dikandungnya ke puskesmas.

"Bayangan saya dan suami waktu itu, kami akan dikaruniai anak kembar, melihat perut yang begitu besar. Karena kami ingin kejutan akan jenis kelamin bayi, maka kami tak melakukan USG," kata Sri.

Kenyataan berkata lain. Bayi perempuan yang dikandungnya lahir dengan keadaan satu tubuh dan dua kepala dengan dua hidung, empat mata, empat telinga, tetapi hanya satu jantung, satu paru-paru, dan satu hati.

(Baca juga Seorang Bayi Terlahir dengan Dua Kepala di Gresik)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com