Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Hektar Lahan Gambut di Desa Soak Batok Ogan Ilir Terbakar

Kompas.com - 04/08/2016, 20:30 WIB
Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan gambut kembali terjadi di Desa Soak Batok, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (4/8/2016). Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai puluhan hektar.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB itu menimbulkan asap tebal yang membumbung ke udara.

Lahan yang terbakar merupakan lahan kosong yang belum dimanfaatkan warga untuk berkebun atau bercocok tanam.

Cuaca panas saat kejadian membuat api dengan cepat melalap lahan kering di lokasi tersebut. Sebuah pondok milik warga tampak terkepung oleh api kebakaran lahan.

Pemadaman dilakukan oleh helikopter water bombing yang berulang kali menyiramkan ribuan liter air dari alat penampung yang berada di bawahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ogan Ilir Syakroni mengatakan, petugas tidak bisa mencapai lokasi karena jauh dari jalan dan kendaraan pemadam tidak bisa mencapai lokasi.

"Kami langsung berkoordinasi dengan BPBD Sumsel untuk mengirim helik\opter guna melakukan pemadaman menggunakan teknik water bombing atau pemadaman dari udara. Petugas kami kerahkan melakukan pemadaman di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan, yang juga terjadi kebakaran lahan," kata Syakroni.

Warga sekitar lokasi kebakaran mengaku tidak mengetahui asal api yang membakar lahan tersebut.

Arwinsyah, warga setempat, sudah menyiapkan selang air berserta mesin pompa untuk mengantisipasi jika kebakaran lahan mengarah ke rumahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com