Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Lamongan Akan Hilangkan Pemasungan hingga Akhir Tahun Ini

Kompas.com - 28/07/2016, 17:44 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com – Bupati Lamongan Fadeli menargetkan untuk menghilangkan pemasungan di wilayahnya hingga akhir 2016.

Fadeli mengatakan, jumlah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang dipasung di Lamongan kini berkurang menjadi hanya 14 kasus dari sebelumnya 167 kasus.

"Untuk itu, upaya pendekatan akan terus kami lakukan agar di akhir tahun ini Lamongan sudah bisa bebas pasung. Kami sudah siap membantu proses penyembuhannya," kata Fadeli di sela-sela acara peluncuran program kesehatan di Lapangan Kecamatan Karanggeneng, Kamis (28/7/2016).

Selain upaya penyembuhan, pemerintah Kabupaten Lamongan juga siap membantu para penderita gangguan jiwa yang sudah sembuh dengan pembekalan program pemberdayaan dan kemampuan wirausaha. Hal ini agar mereka bisa diterima kembali di tengah masyarakat.

Fadeli mengimbau kepada warga untuk mau menerima kembali para penderita yang sudah sembuh.

Ia juga meminta kepada semua unit di Pemkab Lamongan, khususnya Dinas Kesehatan Lamongan dan para camat, untuk mendukung program yang dicanangkannya tersebut.

Fadeli juga mendorong agar Lamongan sudah Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Sembarangan (BBABS) hingga tiga tahun ke depan.

"Ada sejumlah kasus, masih adanya BABS bukan disebabkan kemiskinan, namun bisa juga karena kebiasaan. Untuk yang disebabkan kebiasaan ini, kami juga akan melakukan pendekatan. Sementara yang karena tidak mampu, kami sudah siapkan program bantuan,“ kata Fadeli.

Untuk mendukung progam itu, Pemkab Lamongan menyiapkan 23 mobil sehat untuk desa. Dengan bantuan ini, saat ini di setiap wilayah 33 puskesmas sudah terdapat dua unit mobil sehat.

Pemkab Lamongan juga memberikan bantuan 18 unit mobil Puskesmas Keliling (Pusling). Ini untuk melengkapi armada kesehatan sehingga di setiap puskesmas kini sudah siap beroperasi masing-masing dua unit kendaraan pusling.

"Sebagai instansi terkait, kami sudah siap menyukseskan program yang dicanangkan oleh Pak Bupati. Semoga saja, semua dapat dengan lancar dilaksanakan," kata Kepala Dinas Kesehatan Lamongan Fida Nuraida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com