Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siaga di Setiap Gang Malioboro Selama Libur Lebaran

Kompas.com - 24/06/2016, 15:10 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Lebaran 2016, Ditlantas Polda DIY akan menyiagakan personel di setiap gang kawasan Jalan Malioboro dan rekayasa lalu lintas.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya parkir liar dan pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan di kawasan wisata tersebut.

Dirlantas Polda DIY Komisaris Besar Polisi Mulia Hasudungan Ritonga mengatakan. sesuai dengan harapan Gubernur DIY dan Wali Kota Yogyakarta, tidak ada lagi parkir di kantong-kantong liar di sepanjang Malioboro.

"Semua pengunjung dan wisatawan kami harapkan masuk ke kantong-kantong parkir yang sudah disiapkan," kata Mulia seusai mengikuti forum diskusi wartawan dengan tema persiapan jalur mudik di DPRD DIY, Kamis (23/6/2016) petang.

Ritonga mengatakan, khusus untuk bus, jika di wilayah Kota Yogya sudah penuh, maka untuk parkir akan disiapkan di lokasi bekas STIE Kerjasama di Jalan Parangtritis, Bantul.

Karena lokasi parkir bus dengan kawasan Malioboro cukup jauh, nantinya akan disiapkan transportasi untuk mengangkut wisatawan.

"Nanti dari Dinas Perhubungan akan membantu alat angkut. Kalau diperlukan, kita juga akan menyiapkan. Jumlah kita sesuai kan dengan situasi di sana," kata dia.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pejalan kaki melintas di trotoar sisi timur Jalan Malioboro, Yogyakarta, Rabu (13/4). Pemberlakuan larangan penggunaan trotoar tersebut untuk tempat parkir kendaraan memungkinkan pejalan kaki dapat menggunakan fasilitas tersebut secara lebih nyaman.
Selama libur Lebaran, polisi akan ditempatkan di setiap gang Malioboro. Penempatan personel ini untuk mengantisipasi pelanggaran lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan.

Penjagaan itu juga untuk mengantisipasi adanya kantong-kantong parkir liar di gang-gang kawasan Malioboro.

"Kita akan taruh anggota di seluruh gang karena kalau tidak ada anggota, pengguna jalan berlagak tidak lihat. Tetapi kalau ada polisi, baru tertib lalu lintas," kata Mulia.

Polda DIY juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika nantinya kendaraan pengunjung yang hendak ke Malioboro membeludak. Jika terjadi kemacetan, kendaraan yang akan ke Malioboro akan diarahkan memutari Stadion Kridosono.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta mengatakan bahwa lokasi parkir di kawasan Malioboro selama musim liburan memang sudah disiapkan.

"Ada di taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA), parkir Stasiun Tugu, Ketandan, Senopati dan Parkir Ngabean," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com