Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih "Putus Nyambung", Jalur Lintas Selatan Jatim Belum Bisa Dipakai Mudik

Kompas.com - 14/06/2016, 18:36 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Jalur Lintas Selatan (JLS) di Jawa Timur masih "putus nyambung" atau belum sepenuhnya terbangun di Jawa Timur. Karena itu, dipastikan JLS di Jawa Timur tidak bisa dilalui untuk mudik Lebaran tahun ini.

"Jadi masih putus nyambung, dan tidak bisa dilalui saat angkutan Lebaran nanti," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Provinsi Jawa Timur, Supaad, Selasa (14/6/2016).

JLS di Jawa Timur melintas sejumlah daerah dari Banyuwangi hingga Pacitan sepanjang lebih dari 650 kilometer. Proyek yang dijalankan sejak 2002 itu belum juga rampung karena kendala anggaran dan pembebasan lahan.

Pemudik, kata dia, bisa memanfaatkan jalan yang ada, karena secara umum semua ruas jalan yang ada sudah siap untuk digunakan arus mudik Lebaran 2016.

"Ada tim yang stanby di sejumlah titik rawan, untuk melakukan penanganan saat ada gangguan jalan," jelasnya.

Beberapa jalur jalan kata dia memang masih dalam perbaikan dan penambahan, namun proses perbaikan akan segera dihentikan sejak H-10 Lebaran. Perbaikan jalan sendiri akan dilanjutkan pada H+10 Lebaran.

"H-10 Lebaran, seluruh material perbaikan jalan juga sudah akan bersih. Tidak ada lagi material yang berserakan. Seluruh alat berat juga ditarik," kata Supaad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com