Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setnov Ingin "Kuningkan" Jabar

Kompas.com - 02/06/2016, 06:07 WIB
Reni Susanti

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Partai Golkar menargetkan merebut kemenangan dalam agenda politik daerah maupun nasional di Jawa Barat. Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto mengatakan, Jawa Barat memiliki posisi yang strategis dalam percaturan politik nasional.

"Jabar ini basis suara secara nasional kalau menang di Jabar akan menang juga," katanya di acara pelantikan Ketua Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi di SICC, Sentul, Bogor, Rabu (1/6/2016) malam.

Novanto mengakui suara Golkar pada Pemilu Legislatif 2013 lalu mengalami penurunan. Karena itu, lanjut dia, pelantikan pengurus Golkar Jabar 2016-2021 akan menjadi momentum kebangkitan Partai Golkar untuk memenangkan agenda-agenda politik Pilkada dan Pilgub Jabar.

Dia mengatakan, Jabar mendapat perhatian khusus dan dimenangkan Golkar karena sejumlah alasan.

"Mengapa Jabar perlu dikuningkan? Provinsi ini strategis, kami ingin Jabar bertahan sebagai lumbung padi nasional. Syarat kemenangan harus konsolidasi seluruh tingkatan pengurus," paparnya.

Mantan Ketua DPR ini mengklaim target ini bisa diraih jika program pembentukan 1 Juta kader yang digulirkan pihaknya berjalan sesuai target. Kader-kader baru ini, sebut dia, akan menjadi ujung tombak partai.

"Dalam waktu dekat saya juga akan turun ke daerah-daerah yang akan menggelar pilkada," ujarnya.

"Agenda-agenda politik, pilkada 2017 dan 2018, ini tidak mudah. Tak lama lagi, 2019 pileg dan pilpres akan dilaksanaan bersaamaan," tambah dia.

Ia menegaskan, harus ada percepatan konsolidasi sehingga tepat waktu. "Daerah yang belum musda segera musda. Sebagian besar waktu untuk kepentingan partai Golkar. DPP akan berkunungg ke daerah yang akan pilkada dan akan melakukan safari Ramadhan," ucapnya.

Pelantikan ini berlangsung megah dihadiri 15.000 kader. Novanto membawa lengkap pengurus dari Ketua Harian Nurdin Halid, Sekjen Idrus Marham hingga Agung Laksono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com