Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khawatir Ada Konfrontasi, Seminar soal Marxisme di Unpad Dibatalkan

Kompas.com - 19/05/2016, 15:20 WIB
Reni Susanti

Penulis

SUMEDANG, KOMPAS.com -  Acara seminar Marxisme sebagai Ilmu Pengetahuan yang digagas BEM Fisip Universitas Padjadjaran (Unpad)  dibatalkan. Pembatalan dilakukan untuk menghindari upaya konfrontasi dari luar.

"Takut ada gerakan massa oleh ormas dari luar kampus. Dan kampus tidak ingin ada konfrontasi dari luar yang bisa merusak kampus," ujar penanggung jawab seminar, Muhammad Ariq saat dihubungi Kamis (19/5/2016).

Ariq menceritakan, kegiatan ini sudah dirancang lama dan mengantongi izin kegiatan dari Dekanat. Namun beberapa hari lalu ada ormas dari luar menemui rektorat untuk meniadakan acara seminar.

"Rektorat langsung merapatkan acara ini. Kami tidak tahu apa yang disampaikan FPI ke rektorat tapi intinya untuk meniadakan acara ini, " katanya.

Rektorat pun mengadakan rapat dan memanggil pihak Dekanat. Melalui Manajer Kemahasiswaan, pihaknya pun mendapat informasi acara dibatalkan. Salah satu pertimbangannya, keamanan.

"Informasi juga bahwa kegiatan ini diawasi Intel. Dan polisi menyarankan untuk membatalkan acara ini," ujar dia.

Akhirnya, acara dibatalkan meski panitia sudah menjelaskan isi acara yang akan digelar. Ariq menilai, pembatalan ini memperlihatkan kampus berhasil diintervensi pihak luar.

"Saya sangat menyayangkan mimbar akademik diintervensi. Otonomi pendidikan mudah runtuh gara-gara orang luar. Kita meyakini kebebasan akademik benteng demokrasi, tapi mudah runtuh, " ungkapnya.

Ariq mengungkapkan, acara ini membahas secara ilmiah marxisme dan perkembangannya di dalam ilmu sosial humaniora. Kegiatan seperti ini biasa dilakukan dalam lingkup yang lebih kecil seperti di kelas maupun di jurusan.

"Namun untuk tingkat fakultas dengan scope yang lebih luas, ini yang pertama kalinya, " ujarnya.

Seharusnya seminar tentang Marxisme ini dilaksanakan Kamis ini pukul 13.00-16.00 di Gedung Seminar A Fisip Unpad dengan pembicara Firman Ekoputra dari Rumah Kiri serta M Rolip Saptamaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com