Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Miras Oplosan, Pasangan Suami Istri Ini Diamankan Polres Nunukan

Kompas.com - 16/05/2016, 21:07 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com - Sepasang suami istri, Solihin (52) dan Muna (48), warga Jalan Pattimura, Kelurahan Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, diamankan Kepolisian Sektor Nunukan kota karena kedapatan memproduksi minuman beralkohol berjenis arak.

Dari kediaman pasangan ini turut diamankan 2 drum arak yang sudah jadi dan dalam proses, puluhan botol arak yang disimpan di ember bekas cat tembok serta puluhan arak yang dikemas dalam botol bekas minuman air mineral.

"Barang bukti yang diamankan 1 drum tuak yang sudah jadi, 1 drum tuak setengah jadi, 17 ember bekas cat, 2 loyang dan 35 botol," jelas Kasubag Humas Polres Nunukan, Ipda M Karyadi, Senin (16/05/2016).

Meski sempat diperiksa, pasangan suami istri yang mengaku baru beberapa bulan memproduksi minuman keras dari fermentasi beras tersebut akhirnya hanya disuruh membuat pernyataan tidak akan memproduksi minuman keras lagi.

Meski demikian, pihak kepolisian mengaku pasangan tersebut dalam pembinaan.

"Mereka keluarga tidak mampu. Kita hanya kenakan pembinaan kepada mereka agar tidak lagi mengulangi kegiatan memproduksi miras," imbuh M Karyadi.

Terungkapnya Solihin dan Muna memproduksi minuman keras tersebut berawal dari tertangkapnya 2 remaja yang mengendarai motor dalam keadaan mabuk. Saat diperiksa petugas, kedua remaja tersebut kedapatan membawa minuman keras jenis arak dalam botol bekas air mineral.

"Ini merupakan operasi rutin cipta kondisi. Terhadap peredaran miras. Apalagi menjelang bukan Ramadhan," pungkas M Karyadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com