Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Konvoi Kelulusan Siswa, Polres Kendal Siapkan 100 Personel

Kompas.com - 07/05/2016, 12:58 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Polres Kendal, Jawa Tengah, menyiapkan 100 personel untuk mengantisipasi arak-arakan kendaraan di jalan raya terkait diumumkannya kelulusan ujian nasional SMA dan sederajatnya pada Sabtu (7/5/2016) sore ini.

Sebanyak 100 personel itu akan ditempatkan di beberapa jalan raya, yang dianggap rawan dilalui konvoi para pelajar.

Menurut Kasat Lantas Polres Kendal AKP Agus Triyono, pihaknya akan menilang pelajar yang arak-arakan, apalagi yang tidak memakai helm atau melengkapi kendaraannya sesuai aturan lalu lintas.

“Termasuk yang menggunakan knalpot wrong juga kami tilang,” kata Agus, Sabtu (07/5/2016).

Agus berharap, para pelajar merayakan kelulusan sekolah mereka di rumah bersama keluarga atau kerabat.

Sebab, menurut dia, hal itu lebih baik daripada menggelar konvoi, yang bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono meminta supaya pelajar menunggu pengumuman kelulusan di rumah saja.

Sebab, pengumuman kelulusan saat ini diambil oleh orang tua. “Tidak usah pakai konvoi atau corat-coret baju, di rumah saja,” kata Muryono.

Ia menambahkan, perayaan kelulusan sebaiknya dilaluinya dengan baik dan bisa bermanfaat bagi orang lain, misalnya dengan mengumpulkan baju seragamnya atau buku, untuk diberikan kepada adik kelas yang kurang mampu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com