Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Jabar Pastikan Tak Ada Napi Kabur Usai Kerusuhan di Lapas Banceuy

Kompas.com - 23/04/2016, 15:02 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Kepala Polda Jawa Barat Inspektur Jenderal Jodie Rooseto memastikan tidak ada tahanan yang kabur setelah terjadi kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Sabtu (23/4/2016) pagi.

"Tidak ada satu pun (kabur) karena kita bergerak cepat dan membuat pagar betis brigade mobil langsung tembak," kata Jodie di lokasi kejadian, Sabtu siang.

Jodie menuturkan, saat kerusuhan terjadi sekitar pukul 08.00 WIB, ia memerintahkan anggota Brimob untuk segera mengamankan lokasi agar 750 tahanan di lapas itu tidak meloloskan diri.

"Pukul 08.10 WIB kita sudah di sini dan bisa meminimalisasi. Pertama dilakukan yaitu gimana agar warga binaan tidak kabur keluar dan melarikan diri," ucapnya.

Pengamanan ketat polisi itu mendapat perlawanan dari para tahanan. Empat anggota polisi dilaporkan mengalami luka-luka akibat insiden itu.

Para petugas pemadam kebakaran juga dilempari batu oleh penghuni lapas saat hendak memadamkan api.

"Kalau tadi kita mendekat, tidak bisa memadamkan api karena jarak lemparnya cukup dekat. Warga binaan sudah mau menjebol pintu di sayap kiri," ujarnya.

Lantaran mendapat perlawanan, polisi akhirnya bertindak tegas dan memukul mundur para tahanan dengan menembakkan gas air mata.

Hal itu menggagalkan upaya penjebolan tembok oleh tahanan. Sejumlah napi yang mengalami luka ringan mendapat perawatan di poliklinik lapas.

(Baca 21 Tahanan dan 4 Polisi Terluka akibat Kerusuhan Lapas Banceuy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com