Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkades Serentak di Sukabumi, 323 Calon Kades Jalani Tes Narkoba

Kompas.com - 15/04/2016, 08:25 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Sebanyak 323 bakal calon kepala desa yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengikuti tes urine mulai Kamis (14/4/2016) hingga Sabtu (16/4/2016).

Bila nantinya hasil tes urine tersebut positif narkoba, maka calon kepala desa yang bersangkutan dinyatakan gugur dalam kepesertaan pada pesta demokrasi yang akan dilaksanakan 8 Mei 2016 mendatang.

"Sanksinya, kalau ada calon kepala desa yang hasilnya terindikasi positif tentunya akan gugur," kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Kabupaten Sukabumi, Yudi Mulyadi kepada Kompas.com saat di RSUD Sekarwangi, Cibadak, Kamis (14/4/2016).

Menurut Yudi, selain tes urine, para calon kepala desa juga mengikuti pemeriksaan kesehatan. Rencananya, pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini dilaksanakan mulai Kamis, 14 April hingga Sabtu, 16 April mendatang.

Karena peserta mencapai 323 orang, pemeriksaan dilaksanakan di dua rumah sakit, yaitu RSUD Sekarwangi, Cibadak dan RSUD Palabuhanratu. Untuk pemeriksaan di Sekarwangi, Cibadak sebanyak 173 orang dan di Palabuhanratu sebanyak 150 orang.

"Pelaksanaan tes urine langsung oleh para petugas Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Sukabumi dan tes kesehatan oleh tim medis masing-masing di kedua rumah sakit," ujar dia.

Yudi menuturkan, pemilihan kepala desa serentak ini dilaksanakan oleh sebanyak 70 desa di 36 kecamatan. Desa di Kabupaten Sukabumi total sebanyak 381 desa dan 5 kelurahan.

"Pengumuman hasil tes akan dilaksanakan pada 20 April mendatang dan pelaksanaan Pilkades serentak pada 8 Mei," tuturnya.

Salah seorang calon kepala desa, Irwan Kurniawan (35) menyambut positif penyelenggaraan tes urine dan sosialisasi bahaya narkoba yang dilaksanakan panitia. Karena hal ini bisa menjadi sebagai salah satu langkah bagi aparat desa dalam ikut mencegah peredaran narkoba di wilayahnya.

"Tes urine ini bisa dijadikan sebagai salah satu contoh bagi masyarakat. Apalagi saat ini ada saja oknum yang diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba," ungkap Irwan, salah satu calon kepala Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com