Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Kucurkan Rp 43 Miliar untuk Revitalisasi Taman

Kompas.com - 12/04/2016, 16:21 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Bandung akan menggelontorkan dana sekitar Rp. 43 miliar untuk merevitalisasi taman secara besar-besaran. Salah satu proyek paling besar yakni, renovasi taman Tegalega yang menjadi lokasi monumen Bandung Lautan Api.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung Dadang Dharmawan mengatakan, dari total lahan seluas 17 hektare, setengahnya atau sekira 7,6 hektare akan direnovasi. Saat ini proses revitalisasi masih dalam tahap penyelesaian Detail Enginering Desain (DED).

"Perkiraan pembangunan memakan waktu 5 sampai 6 bulan. Total biayanya sekitar Rp. 19 miliar. Pengerjaan dimulai awal Mei 2016," ucap Dadang dalam kegiatan "Bandung Menjawab" di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (12/42016).

Selain itu, Hutan Babakan Siliwangi pun menjadi target revitalisasi. Renovasi hutan kota itu menyedot anggaran sekitar Rp 15 miliar.

"Total luas 8 hektare, yang akan direnovasi hanya 1 hektare," ucapnya.

Taman lain yang akan direnovasi adalah Taman Jalan Maluku dan Taman Jalan Seram serta Tanam Inklusi yang lokasinya berada dalam satu kawasan. Ketiganya memiliki luas lahan 1,5 hektare.

"Taman Seram anggarannya Rp 2 miliar, Taman Maluku Rp 2 miliar dan Taman Inklusi Rp 800 juta," ucapnya.  

Dia melanjutkan, pihaknya juga akan merealisasikan program satu taman satu RW. Tiap taman membutuhkan anggaran sekitar Rp 80 sampai Rp 200 juta.

"Tahun 2016 ini, kita juga akan membangun 68 taman RW. Sebagaimana program Wali Kota satu RW satu taman bermain," tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com