Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya Tuan Rumah Konferensi Habitat, Risma Cari "Dadak Merak"

Kompas.com - 24/03/2016, 12:27 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kota Surabaya dipilih sebagai tuan rumah konferensi Habitat tingkat dunia III, atau PrepCom 3 For Habitat III, pada Juli 2016 mendatang.  Atas rencana itu, saat ini walikota Surabaya tengah sibuk mempersiapkan segala persiapannya, termasuk mencari 193 Dadak Merak atau kepala Reog untuk menyambut 193 perwakilan negara yang akan datang.

"Di Surabaya hanya ada 84, sisanya saya masih bingung cari di luar Surabaya," kata Risma, saat rapat persiapan bersama tim Kementerian Pekerjaan Umum di Surabaya, Kamis (24/3/2016).

Rencananya, dia akan memberi satu-persatu delegasi negara itu sebuah Dadak Merak untuk hiburan atau sekadar latar belakang untuk berfoto.

"Di masing-masing Dadak Merak itu akan ada tulisan negara peserta," jelasnya.

Hal itu kata Risma sekaligus sebagai promosi wisata budaya Indonesia kepada negara-negara peserta PrepCom 3 For Habitat III. Selain promosi wisata budaya, Risma dalam kesempatan itu juga akan memamerkan permukiman wisata kampung di Surabaya seperti Kampung Lontong, dan Kampung Dinamo, serta kampung yang bernuansa heritage dan kampung lawas.

Dalam konferensi yang digelar setiap 20 tahun sekali itu, selain membahas isu lingkungan, juga akan dibahas isu-isu strategis terkait perumahan, permukiman dan perkotaan, untuk menghasilkan suatu kesepakatan yang bersifat global.

Konferensi tersebut baru dua kali digelar yakni pada 1976 di Canada, dan pada 1996 di Istambul, Turki. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com