Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberangi Teluk Tomini, 3 Nelayan Tenggelam Dihantam Ombak

Kompas.com - 13/03/2016, 10:11 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Perahu yang mengangkut 3 nelayan tenggelam saat menyeberangi teluk Tomini dari Sulawesi Tengah ke Gorontalo.

Ketiga nelayan tersebut adalah Hamka Umaji (51), Ingko Umaji (9), dan Sarjona Yusuf (48) nelayan tradisional yang melakukan aksi ini. Mereka berangkat dari Wakai, Sulawesi Tengah dengan menggunakan perahu 15 PK dan sebuah perahu tanpa mesin.

Awalnya perjalanan mereka aman, namun saat memasuki wilayah perairan Gorontalo di sekitar desa Bilato pada dini hari Sabtu jam 02.00 Wita, perahu mereka dihantam gelombang besar. Akibatnya perahu mereka tenggelam.

Hamka Umaji yang sudah berpengalaman puluhan tahun di laut dapat menemukan rumpon di tengah laut dan bertahan. Sementara 2 orang lainnya tidak ditemukan dalam kegelapan malam.

Saat itu juga Hamka Umaji dapat menghubungi keluarganya di Kelurahan Leato Barat, Kota Gorontalo melalui bantuan nelayan.

Berbekal informasi inilah kemudian Satuan Polisi Perairan dan Basarnas Provinsi Gorontalo melakukan pencarian.

“Yang melaporkan kecelakaan laut ke Satuan Polair adalah lurah Leato Barat, Sudarman Lalone. Kami langsung berkoordinasi dengan Basarnas menerjunkan aparat dengan Kapal Polisi 005” kata AKBP Bagus Santoso, Kabid Humas Polda Gorontalo, Sabtu (12/3/2016).

Sat Polair dan Basarnas dengan Kapal Polisi 005 menyusuri TKP dan menemukan 2 korban yang terombang-ambing di tengah laut dalam keadaan selamat.

Setelah diperiksa kesehatannya, para korban kapal tenggelam ini dipulangkan ke rumah masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com