Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distop Saat Razia, Pengendara Malah Diberi Mug hingga Undian Berhadiah Motor

Kompas.com - 11/03/2016, 10:54 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU, KOMPAS.com - Beragam cara kreatif dilakukan petugas Polres Mamuju, Sulawesi Barat, dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran warga dalam berlalu lintas.

Namun uniknya, para pengendara yang distop oleh polisi yang menggelar razia simpatik tak hanya diberi penjelasan tentang tata tertib berlalu lintas yang baik dan benar, mereka juga diberikan beragam hadiah menarik, mulai dari mug cantik, kembang, helm hingga kesempatan untuk mengikuti undian berhadiah motor, kulkas dan televisi.

Banyak pengendara yang semula menghindari razia akhirnya sengaja bolak-balik ke lokasi razia agar bisa dapat hadiah dan kupon undian lebih banyak.

Sejumlah pengendara yang mendapat hadiah kejutan dari petugas mengaku kaget karena baru pertama kalinya diperiksa langsung diberikan hadiah berupa mug cantik dan kupon undian berhadiah motor.

"Kaget dikasih hadiah gelas cantik dan kupon," kata seorang pengendara.

Rupanya, hanya pengendara dengan kelengkapan surat dan yang memberi teladan dengan memakai helm dan atribut kendaraan yang diberi hadiah tersebut. Mereka dinilai bisa memberi contoh teladan saat berkendara di jalan raya.

Kepada merekalah diberikan mug cantik, gantungan kunci, kembang cantik hingga jas hujan sebagai kenang-kenangan. Mereka juga mendapatkan kupon undian hadiah utama.

Sementara itu, para pengendara yang tidak memakai helm, tidak menyalakan lampu atau berboncengan lebih dari satu orang serta tidak menyalakan lampu kendaraan tetap ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Kapolres Mamuju AKBP Eko Wagiyanto mengatakan, jumlah korban tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Mamuju naik dari 8 korban pada tahun 2014 menjadi 68 orang pada tahun 2015.

Oleh karena itu, pemberian hadiah kepada pengendara yang terjaring razia diharapkan bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat agar pengendara tertib berlalu lintas.

“Pemberian hadiah kepada para pengendara yang terjaring razia adalah salah satu cara mengedukasi pengendara agar semakin sadar dan tertib berlalu lintas di jalan raya demi menekan angka kecelakaan yang terus bertambah,” ujar Eko.

Pengundian kupon untuk hadiah utama akan dilakukan pada hari terakhir Operasi Simpatik pada 21 Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com