Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tengah Keterbatasan, Dua PNS Ini Lahirkan Aplikasi Cerdas

Kompas.com - 10/03/2016, 16:45 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com — Tidak disangka-sangka, keterbatasan saat menjalani tugas justru berbuah prestasi. Adalah M Khusni Fajar dan Dea Venditama, pegawai negeri sipil yang sehari-hari bekerja di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo Utara yang membuat aplikasi tentang Gorontalo.

Karya dua PNS ini terpilih sebagai salah satu dari 20 pemenang program The NextDev Telkomsel tahun 2016.

Aplikasi SmartGorontalo.net merupakan alat untuk memudahkan masyarakat dalam mengenal Provinsi Gorontalo melalui peta dan data, misalnya tempat wisata, kantor pemerintahan, SPBU, dan bank.

Aplikasi tersebut menampilkan rute ke lokasi dari titik Kilometer Nol (Km 0) Gorontalo atau dari titik GPS disertai kondisi kecuraman dan kemiringan jalan.

“Dengan SmartGorontalo, pemerintah dan masyarakat bisa melihat perkembangan pembangunan yang telah dilakukan, dan menjalin sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun daerah ini,” kata Khusni Fajar, Kamis (10/3/2016).

Kehadiran SmartGorontalo.net ini tidak lepas dari pengalaman Fajar dan Dea saat ditempatkan di Gorontalo Utara, sebuah daerah pemekaran baru yang masih minim berbagai fasilitas.

“Mencari warung makan saja susah waktu itu, apalagi kalau hari libur,” tutur Dea.

Saat mencari Kantor Pos, sebut Dea, seseorang mengatakan dekat dengan menunjuk arah jalannya. Setelah dicari, ternyata jaraknya mencapai 10 km.

Bekerja di daerah baru dengan fasilitas dan kondisi yang masih minim justru melahirkan kreativitas. Jiwa dan semangat muda mereka menganggap keterbatasan sebagai tantangan yang harus dilawan.

Berbekal dengan ilmunya, Fajar dan Dea pun menciptakan aplikasi SmartGorontalo.net.

Aplikasi SmartGorontalo ini menampilkan direktori wilayah dalam bentuk peta digital yang memudahkan siapa pun untuk mencari lokasi-lokasi penting di Gorontalo.

“Jika orang mau diving di Olele bisa mencari lokasinya dengan mudah, termasuk sarana ke sana, kontur jalan, dan apa saja yang dibutuhkan. SmartGorontalo juga dapat menunjukkan kondisi ketinggian dan kecuraman jalan sehingga Anda bisa lebih berhati-hati lagi di perjalanan,” kata Fajar.

Bahkan, masyarakat juga dapat mengakses informasi cara mengurus KTP, pernikahan, akta kelahiran, dan UKM melalui aplikasi ini. Selain itu, juga disajikan data-data kependudukan dan ekonomi di Gorontalo.

Aplikasi ini dibuat sederhana agar mudah digunakan oleh siapa pun. Jika Anda ingin berburu makanan lezat di Gorontalo, cukup sentuh layar ponsel Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com