Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pinrang Gagalkan Penyelundupan Sapi Antraks

Kompas.com - 05/03/2016, 08:30 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com – Kepolisian Resor Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, menggagalkan penyelundupan tiga ekor sapi yang diduga mengidap penyakit antraks dan tidak memiliki surat keterangan sehat.

Sapi berasal dari Kabupaten Sengkang, Sulawesi Selatan, itu ditemukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Pinrang.

“Malam ini kita menggagalkan penyelundupan tiga ekor sapi yang diduga mengidap penyakit antraks dan tidak memiliki surat ketearngan sehat asal Kabupaten Sengkang. Ketiga sapi ini kita tolak untuk disembelih di RPH Kabupaten Pinrang," ungkap Iptu Gatot Yani, Kapolsek Paletang, Jumat (4/3/2016).

Pada ketiga sapi ini polisi menemukan ciri-ciri penyakit antraks, yakni mata merah dan ada keluar sedikit darah dari mata.

“Ciri-ciri penyakit antraks terlihat pada tiga ekor sapi yang kita temukan di RPH Kabupaten Pinrang ini. Ketiga sapi kemudian kita pulangkan ke kabupaten asal,“ jelas Kapolsek Patampanua AKP Muhammad Idris.

Sementara itu, dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang, drh I Gede Adika membenarkan ciri-ciri ternak yang mengidap virus antraks ini yakni mata merah dan ada sedikit darah keluar dari mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com