Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Persaingan Global, Bupati Banyuwangi Terapkan 3 Jurus

Kompas.com - 25/02/2016, 15:22 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Untuk menghadapi tantangan dan persaingan global, Bupati Banyuwangi Azwar Anas menerapkan 3 jurus. Ketiga jurus tersebut  yakni, inovasi, terobosan, dan networking.

Ketiga hal tersebut harus diterapkan oleh birokrasi apalagi Banyuwangi sudah mendapatkan penghargaan UNWTO beberapa waktu yang lalu.

"Penghargaan tersebut merupakan bukti bahwa Banyuwangi telah masuk dalam persaingan global," sebut Anas kepada Kompas.com, di Banyuwangi  Kamis (24/2/2016).

Kebiasaan birokrasi yang stagnan dan tidak suka dengan inovasi dan improvisasi, menurut dia, harus segera dihilangkan.

“Birokrasi tidak boleh lagi stagnan. Program tahun kemarin, kembali dilakukan di tahun berikutnya, tanpa adanya inovasi, itu harus dihapuskan,” katanya.

Sementara itu untuk jurus yang kedua yaitu terobosan ia mencontohkan berhasil melakukan renegoisasi dengan investor tambang Tumpang Pitu. Dalam renegoisasi tersebut, Banyuwangi berhasil mendapatkan golden share berupa saham 10 persen.

“Kami berhasil mendapatkan golden share dari tambang Tumpang Pitu berupa saham 10 persen tanpa delusi. Ini merupakan satu terobosan dan merupakan yang pertama di Indonesia,” jelasnya.

Adapun untuk networking, Bupati Anas menjelaskan jika prestasi yang dihasilkan Banyuwangi dengan segala capaiannya merupakan salah satu wujud dari manfaat networking tersebut.

“Jadi saya minta maaf jika sering keluar kota karena ini menjadi salah satu bagian kami untuk membuka networking," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com