Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedi Miswar, Siswa SLB yang Pandai Meniru Suara Hewan

Kompas.com - 25/02/2016, 07:57 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Dedi Miswar, siswa Sekolah Dasar Luar Biasa A Negeri Banyuwangi, mempunyai keahlian menirukan suara suara binatang. Dedi mengaku belajar menirukan suara tersebut sejak umur lima tahun.

"Belajarnya dari mendengarkan suara binatang aslinya terus niru-niru gitu. Kata orang persis," ungkap bocah kelahiran Situbondo, 30 Agustus 2001, itu.

Setelah bisa mengoperasikan komputer dia memanfaatkan internet dengan membuka Youtube. Beberapa suara yang sukses ditirukannya adalah burung, kambing, anjing, ayam jago, ayam betina, sapi, kucing, kuda, gajah, dan serigala. Selain itu, dia juga pandai menirukan suara bayi dan orang tua.

"Yang paling susah ya niru suara orang tua soalnya harus ngomong," ucap anak kedua dari pasangan Ikhsan dan Hatifahtun Najjah itu kepada Kompas.com, Rabu (24/2/2016).

Karena keahliannya tersebut, Dedi sering diundang untuk menghibur di berbagai acara, baik di sekitar Banyuwangi ataupun di luar kota.

Saat ini, bocah tuna netra ini tinggal di asrama milik yayasan di dekat sekolahnya sedangkan keluarganya tinggal di Situbondo. Dia diantar oleh kedua orangtuanya untuk bersekolah agar bisa lebih mandiri.

"Seneng bisa belajar banyak apalagi saya nggak bisa melihat. Pengin mandiri," katanya sambil tersenyum.

Sementara itu, Atfal Fadloli, guru sekolah Dedi, menjelaskan bahwa anak didiknya itu mempunyai semangat yang cukup tinggi untuk belajar. Setiap pagi, dia selalu mencoba suara suara baru.

Selain suara, menurut Atfal, Dedi sangat piawai dalam menulis dan membaca puisi.

"Kami hanya mengarahkan dan memperbaiki jika ada kesalahan. Paling tidak dia bisa mandiri dan lebih percaya karena kekurangan tidak menjadi halangan buat orang berkarya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com