Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kapal untuk Pulau-pulau Terisolasi di Maluku

Kompas.com - 18/02/2016, 12:30 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan akan memberikan sepuluh buah kapal untuk mengatasi masalah yang dirasakan warga di pulau-pulau yang terisolasi.

Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, sepuluh kapal itu merupakan bagian dari 20 kapal yang akan dibagikan kementerian ke seluruh daerah di nusantara. 

“Kita akan mendapat sepuluh kapal dari pemerintah melalui Kementrian Perhubungan,” kata Said, Kamis (18/2/016).

Dia menjelaskan, kapal yang akan diberikan kepada Maluku umumnya berukuran kecil. Meski demikian kata dia keberadaan kapal-kapal tersebut akan sangat membantu untuk menghubungkan pulau-pulau yang ada di wilayah Maluku.

“Memang ukurannya kecil saja, tapi tentunya bantuan kapal-kapal ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Maluku,” ujarnya.

Dia mengatakan, kapal-kapal tersebut telah disiapkan sejak tahun 2015 lalu, namun kapan waktu penyerahannya, Said mengaku belum tahu.

“Kapan akan diberikan waktunya belum diketahui tapi pastinya akan segera diberikan karena kapal-kapal ini sudah dikerjakan sejak tahun lalu. Kita bersyukur karena bantuan ini akan memudahkan akses transportasi antar pulau di daerah ini,” ungkapnya.

Transortasi laut di Maluku selama ini masih sangat sulit. Padahal, banyak warga yang mendiami pulau-pulau di Maluku, keterbatasan sarana transportasi membuat warga di sejumlah pulau-pulau terluar sulit mendapat akses pembangunan dan akhirnya terisolasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com