Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Nusantara: "G Nite Party" Bukan Pesta Kaum Gay

Kompas.com - 07/02/2016, 14:02 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Kelompok Komunitas Gay (Gaya Nusantara) Surabaya membantah bahwa acara "G Nite Party" yang rencananya digelar Minggu (7/2/2016) malam disebut pestanya kaum gay.

Acara tersebut sejatinya dibuka untuk masyarakat umum. Karena itu, Ketua Gaya Nusantara Surabaya, Rafael Herry Dacosta, mengaku bingung saat polisi tidak memberi izin acara tersebut.

"Acara itu untuk umum, bukan pestanya kaum gay," katanya dikonfirmasi, Minggu siang.

Pihaknya memang mengaku tidak terlibat secara langsung dalam urusan teknis perizinan karena dia sudah melimpahkan kepada pihak event organizer.

Karena sudah ada peringatan dari polisi, maka mau tidak mau, pihaknya membatalkan acara yang akan digelar di rumah karaoke Happy Puppy Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, itu.

G Nite Party, kata dia, sebenarnya adalah acara sosialisasi situs web gueberani.com yang dikemas dengan konsep edutainment (edukasi dan entertainment).

Hal itu dilakukan dengan harapan agar sosialisasi lebih efektif karena segmen yang dibidik adalah komunitas dunia malam.

Situs web gueberani.com, menurut Rafael, adalah media sosialisasi agar komunitas dunia malam beralih ke hidup sehat dengan menjauhi potensi HIV dan memeriksakan dirinya sejak dini.

"Karena mereka sebagian besar tidak berani memeriksakan dirinya dengan berbagai alasan," jelasnya.

Polisi sebelumnya mengancam akan membubarkan acara yang media promosinya sudah tersebar melalui brosur, baliho, maupun melalui media sosial tersebut. Polisi menyebut acara G Nite Party tidak memiliki izin dan berpotensi mengganggu kamtibmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com