Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis AS Bantu Bersihkan Sampah di Laut Ambon

Kompas.com - 26/01/2016, 21:56 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Prihatin dengan banyaknya sampah di laut Ambon membuat seorang penyelam asal Amerika Serikat memberikan perhatian terhadap masalah tersebut.

Tak hanya memberikan masukan kepada Pemkot Ambon, penyelam bernama Ken Scarbrough itu juga memberikan bantuan uang Rp 5 juta untuk penanggulangan sampah.

Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina mengatakan, kedatangan wisatawan asal AS, Ken Scarbrough, memberikan pelajaran penting buat masyarakat Kota Ambon dalam menangani masalah sampah di laut wilayah kota berjulukan Manise itu.

"Apresiasi patut diberikan kepada Mr Ken. Wisatawan asal Amerika itu sudah memperhatikan kebersihan laut di Kota Ambon sekaligus memberikan bantuan dana sebesar Rp 5 juta untuk penanganan masalah sampah di laut Ambon," kata Latuconsina kepada wartawan di Ambon, Selasa (26/1/2016).

Dia mengatakan, saat menyelam, pria itu menemukan banyak sampah yang berada di Laut Ambon.

Ken kemudian langsung mendatangi Pemkot Ambon untuk memberikan masukan terkait penanganan sampah tersebut sekaligus memberikan bantuan awal untuk penanganannya.

"Mr Ken ini ahli diving bawah laut. Setelah beberapa hari menyelam di Laut Ambon, ternyata banyak sampah yang dia ditemukan. Dari situlah dia meminta bekerja sama dengan Pemkot Ambon untuk menangani persoalan tersebut," katanya.

Padahal, kata Latuconsina, selama ini Pemkot Ambon sudah berupaya untuk menangani masalah sampah di laut. Hanya, masalah tersebut belum tertangani dengan maksimal.

"Pemkot selalu memperhatikan kebersihan Kota Ambon, baik di darat maupun di laut. Namun, ini belum tertangani dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Ken Scarbrough, yang juga President Ultimate Dive Travel, mengatakan, pariwisata alam ataupun bahari di Kota Ambon sangat menarik.

Namun, sektor pariwisata ini akan lebih bagus lagi jika kebersihan dapat terjaga dengan baik.

"Wisata di Kota Ambon sangat bagus. Untuk mendukungnya, lebih bagus lagi. Kebersihan harus dijaga dengan baik," kata Ken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com