Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Longsor, dan Banjir Landa Bengkulu

Kompas.com - 20/01/2016, 14:44 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Banjir dan longsor mulai menimpa beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu sejak hujan mengguyur dalam satu pekan terakhir.

Akibat musibah tersebut, beberapa jalan lintas Sumatera mengalami macet berkepanjangan, puluhan rumah terendam banjir, dan ratusan hektar sawah diperkirakan gagal panen.

Longsor terjadi di Jalan Lintas Bengkulu-Sumsel, Kabupaten Rejang Lebong. Akibat longsor, ratusan sepeda motor dan mobil mengantre beberapa jam hingga jalur yang terkena longsor dapat dibersihkan oleh petugas.

Meski tak berlangsung lama, longsor juga memutuskan jalan desa di Kabupaten Kepahiang dan sempat membuat beberapa desa terisolasi.

Selanjutnya, bencana banjir terjadi di Kabupaten Seluma, setidaknya ratusan hektar sawah petani terendam akibat meluapnya Sungai Seluma, 57 rumah tergenang air, dan tiga kilometer jalan desa terendam. Musibah banjir ini menimpa Desa Pasar Seluma, Desa Sukarami, dan Seluma II.

"Petugas hingga kini masih melakukan evakuasi karena air masih menggenang setinggi 1,5 meter," kata Sekretaris BPBD Seluma, Herwan, Rabu (20/1/2016).

Hujan yang mengguyur Bengkulu dalam satu pekan terakhir dengan intensitas tinggi kerap terjadi mulai sore hari hingga pagi hari. BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Bengkulu merilis, dalam dua hari ke depan hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai petir dan guntur akan terus terjadi di semua kabupaten/kota di daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com