Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 5,4 SR Guncang Pulau Buru, Maluku

Kompas.com - 17/01/2016, 11:48 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com — Gempa tektonik berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang Kabupaten Buru Selatan, Maluku, Minggu (17/1/2016). Titik pusat gempa berada di lokasi 3.80 Lintang Selatan dan 127.28 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon George Mahubessy mengatakan, gempa yang terjadi sekitar pukul 08.22 WIT itu cukup kuat dirasakan getarannya di Kecamatan Ambalau.

“Gempa cukup dirasakan masyarakat di Kecamatan Ambalau,” katanya kepada Kompas.com, Minggu siang.

Dia mengatakan, pusat gempa berada sekitar 66 km tenggara Buru Selatan dan 97 km tenggara Pulau Buru atau 99 kilometer barat daya Pulau Ambon.

Kepala BPBD Maluku Farida Salampessy mengungkapkan, sejauh ini pihaknya masih mendata dampak dari gempa tersebut. Dia mengaku getaran gempa itu sangat kuat dirasakan warga.

“Gempanya cukup kuat dirasakan, namun sejauh ini belum ada laporan resmi soal dampak dari gempa tersebut. Kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Buru Selatan dan juga Kabupaten Buru, tapi sejauh ini belum ada laporan resmi soal kerusakan,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com